Tahun 2020, Plt Gubernur Isdianto Fokus Peningkatan SDM

example banner

Plt Gubernur Kepri Isdianto-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Tahun anggaran 2020 mendatang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri akan fokus untuk melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Demikian ditegaskan Plt Gubernur Kepri, Isdianto.

Ia menyebut, setidaknya ada tiga bidang SDM yang akan menjadi fokus Pemprov Kepri di 2020. Yaitu pariwisata, perikanan, dan pertanian.

“Ketiga bidang itu adalah unggulan kita. Jadi, kalau itu tidak sekarang kita didik anak-anak kita, saya khawatir ke depan Kepri akan ketinggalan,” katanya, di Kantor Gubernur Kepri, Jumat (15/11/2019) kemarin.

Selama ini menurutnya, Provinsi Kepri belum memiliki SDM yang cukup mumpuni dan berkompeten di ketiga bidang tersebut.

Ia mencontohkan, seperti event pariwisata Festival Bahari Kepri (FBK), yang selama ini belum sepenuhnya ditangani oleh SDM dari Kepri.

“Kita lihat masih saja banyak orang luar, anak-anak kita masih sedikit,” sebutnya.

Sebagai upaya untuk melakukan peningkatan SDM ketiga bidang tersebut, Pemprov Kepri akan memperbanyak program-program pelatihan, serta program beasiswa bagi pelajar berprestasi, untuk selanjutnya di sekolahkan agar menjadi SDM yang berkompeten di bidang pariwisata, perikanan, ataupun pertanian.

“BLK (Balai latihan kerja,red) juga akan kita maksimalkan lagi. Untuk hal ini kita minta kepada kabupaten/kota untuk melakukan hal yang sama,” tuturnya.

Selain untuk meningkatkan daya saing, upaya itu kata dia merupakan cara menurunkan angka pengangguran di Provinsi Kepri.

Berdasarkan data BPS, angka pengangguran di Kepri sepanjang Agustus 2019 tergolong cukup tinggi yakni berada di angka 6,91 persen. Provinsi Kepri berada di posisi empat untuk angka pengangguran tertinggi se-Indonesia.

“Kan setelah anak-anak itu dilatih kita tinggal bicara dengan perusahaan yang ada,” sebutnya.(kar)

example banner
Tags:
author

Author: 

Tinggalkan Balasan