Kapal Terbakar, Dishub Minta ASDP Cari Pengganti

banner 1140x147

Kapal RoRo yang terbakar di Pelabuhan Jagoh

LINGGA (HAKA) – Seluruh penumpang Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Roll On Roll Off (Roro) Paray rute Jagoh-Penarik yang terbakar sekitar pukul 18.30 di Pelabuhan Jagoh, Lingga dalam kondisi selamat.

banner 300x250

Sama halnya dengan kendaraan yang dibawa oleh kapal tersebut. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lingga Juramadi Esram yang dihubungi, Rabu (30/5/2018) malam.

“Namun, data jumlah penumpang dan kendaraan kita belum dapat laporan dari lapangan,” ujarnya.

Sebelum terbakar ujarnya, semua penumpang termasuk kendaraan sudah diturunkan di pelabuhan Roro Jagoh.

Sesaat setelah seluruh penumpang dan kendaraan, oleh kru KMP Paray ini kapal digeser dari posisinya di pelabuhan Roro ke pelabuhan Fery penumpang yang berada bersebelahan.

“Pada saat sudah sandar di pelabuhan fery itulah terbakar,” sebutnya.

Akibat insiden ini, menyebabkan dek bagian atas kapal yang merupakan tempat penumpang hangus terbakar.

Namun, atas kesigapan petugas dan dibantu masyarakat, api dapat dikendalikan sehingga tidak sempat membakar seluruh bagian kapal.

Dari informasi sementara yang diperoleh pihaknya, dugaan sementara sumber api berasal dari bagian dapur kapal. Namun, hal ini masih memerlukan investigasi lebih lanjut dari pihak kepolisian.

“Itu baru dugaan asal api. Namun untuk lebih pastinya asal api ini kita serahkan kepada pihak yang berwenang yang akan melakukan olah TKP,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dishub Kepri Jamhur Ismail menyampaikan, pihaknya kini terus berkoordinasi dengan pihak ASDP untuk tindak lanjut setelah kejadian ini. Mengingat saat ini sudah mendekati masa mudik lebaran.

“Setelah nanti ada keputusan bersama, apakah akan mengambil langkah meminta kepada PT ASDP selaku pemilik kapal pengganti kapal yang terbakar itu. Kita ketahui saat ini menjelang mudik lebaran Idul Fitri, tentunya dengan kejadian ini harus ada solusi pengganti kapal yang terbakar itu,” sebutnya.

Apalagi kata dia, KMP Paray sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Lingga, sehingga PT ASDP diharapkan dapat segera mencari solusi setelah kejadian ini.(kar)

banner 468x60
author

Author: 

Tinggalkan Balasan