Jembatan Babin Batal Dibangun Swasta, Nurdin Tawarkan ke Pusat

example banner

Share this:

Gubernur Kepri Nurdin Basirun

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pembangunan Jembatan Batam-Bintan yang sedianya akan dilakukan oleh investor asing batal terealisasi.

Loading...

Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyampaikan, setelah melakukan pertimbangan, Pemprov Kepri memutuskan untuk membatalkan kerjasama dengan investor yang akan melakukan pembangunan jembatan tersebut.

“Karena kita melihat, jika dibangun ada kontrak yang cukup panjang dan itu tentunya dapat memberatkan masyarakat,” ujarnya kemarin.

Sebagai solusinya lanjutnya, Pemprov Kepri pun gencar melakukan lobi-lobi ke pemerintah pusat, agar mau mendanai pembangunan jembatan tersebut.

Dari hasil lobi itu kata dia, pusat pun akhirnya bersedia untuk menjajaki rencana pembangunan Jembatan Babin yang digagas Pemprov Kepri.

“Alhamdulillah, kemarin Kementerian PU sudah membentuk tim. Dan kita juga masuk dalam tim itu,” sebutnya.

Dari hasil perhitungan awal, Kementerian PU memperkirakan estimasi anggaran untuk pembangunan jembatan tersebut, sekitar Rp 4 Triliun.

Angka itu jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan estimasi anggaran yang pernah ditawarkan pihak investor beberapa waktu lalu.

“Jadi hampir separuh dari yang kemarin, karena sudah menggunakan teknologi modern dan pengerjaannya juga diperkirakan hanya dua tahun,” tuturnya.

Disampaikannya juga, Kementerian PU juga telah merubah desain awal jembatan tersebut. (kar)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan