Hanya Modal KTP, 51 Ribu Warga Bintan Bisa Berobat Gratis

example banner

Share this:

Bupati Bintan Apri Sujadi saat menjenguk pasien

BINTAN (HAKA) – Program berobat gratis di Puskesmas Bintan pada tahun 2017 yang lalu, mencapai 51.264 warga yang merasakan manfaatnya.

Loading...

Data Dinas Kesehatan Bintan, ada 2 Puskesmas di Kecamatan Bintan Timur mendapat kunjungan terbanyak, mencapai 9.507 warga yang berobat.

“Program berobat gratis ini menggunakan KTP Bintan di 15 Puskesmas yang ada di 10 Kecamatan,” ujar Kepala Bidang Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan dr. Royhan.

Ia menjelaskan, bahwa untuk tahun 2017 yang lalu, total angka kunjungan masyarakat yang berobat di 15 puskesmas, yang ada di 10 Kecamatan Kabupaten Bintan mencapai 186.354 pasien.

Dengan rincian, pasien berobat menggunakan Kartu BPJS sebanyak 111.294 pasien, menggunakan program berobat gratis (KTP Bintan) sebanyak 51.264 pasien. Serta menggunakan jalur umum sebanyak 23.796 pasien.

“Jadi yang belum ter-cover BPJS telah merasakan manfaat program berobat gratis, dengan hanya menunjukkan kartu identitas atau KTP Bintan,” imbuhnya.

Bupati Bintan Apri Sujadi menyampaikan bahwa, program berobat gratis di Puskesmas menyasar masyarakat Bintan yang kurang mampu, dan atau belum tercover kartu BPJS. Hal ini juga bertujuan meringankan beban masyarakat .

“Program berobat gratis di Puskesmas ini juga merupakan salah satu program unggulan Pemkab Bintan,” ungkapnya.

Pasien yang berobat menggunakan program ini juga memiliki keunggulan bila berobat dari puskesmas kemudian harus dirujuk ke RSUD, maka pemerintah daerah juga akan memfasilitasi untuk pengurusan Kartu BPJS hingga mendapatkan perawatan gratis rawat inap di kelas tiga. (red/humas pemkab bintan)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan