Animo Pemeriksaan IVA di Natuna Menurun, Nazri: Tahun Ini Baru 4 Orang

example banner

Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti bersama Ketua TP PKK Nurhayati Hamid Rizal saat meninjau kegiatan pemeriksaan IVA-f/dani-hariankepri.com

NATUNA (HAKA) – Minimnya kesadaran kaum perempuan khususnya ibu rumah tangga, untuk melakukan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam asetat), mendorong Dinas Kesehatan KBPP Natuna, melakukan pemeriksaan IVA.

Pemeriksaan IVA ini kerjasama dengan TP PKK, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dan UPT Puskesmas Ranai, di Puskesmas Ranai, Selasa (8/10/2019). Demikian disampaikan Kepala UPT Puskesmas Ranai, Nazri.

Ia menyampaikan, berdasarkan data yang dimiliki, semakin tahun orang yang melakukan pemeriksaan IVA ini semakin menurun.

“Pada tahun 2017 sebanyak 70 orang, tahun 2018 hanya 10 orang dan di tahun ini hingga September, baru 4 orang yang periksa,” ujarnya.

Nazri menyampaikan bahwa UPT Puskesmas Ranai selalu membuka bagi siapa saja, yang mau melakukan pemeriksaan IVA.

“Tidak harus nunggu ada kegiatan pemeriksaan seperti ini,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti mengimbau agar seluruh kaum wanita untuk bisa melakukan pemeriksaan IVA. Karena saat ini, masih sedikit wanita yang mau memeriksa dirinya.

Hal senada, disampaikan Ketua TP PKK Nurhayati Hamid Rizal. Menurutnya, pemeriksaan IVA sangat dianjurkan bagi wanita, khususnya mereka yang berisiko terkena kanker serviks.

“Untuk para wanita agar memeriksakan IVA secepat mungkin, karena penyakit ini  sangat berbahaya jika dibiarkan,” tegasnya mengakhiri. (dan)

author

Author: 

Tinggalkan Balasan