Beranda Headline

Waspada Penipuan yang Mengatasnamakan Gubernur Kepri Ansar Ahmad di Facebook

0
Tampilan akun facebook yang digunakan menipu atas nama Gubernur Kepri Ansar Ahmad-f/istimewa-screenshot

TANJUNGPINANG (HAKA) – Plt Karo Humas Protokol dan Penghubung (Humprohub) Provinsi Kepri, Hasan meminta, masyarakat mewaspadai penipuan melalui media sosial Facebook yang mengatasnamakan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.

Pasalnya kata dia, akun facebook dengan nama Ansar Ahmad, telah mencoba untuk melakukan penipuan terhadap salah seorang pengguna facebook yang berdomisili di Bandung, Jawa Barat.

Modusnya, kata Hasan, akun tersebut mengirimkan pertemanan, setelah pengguna facebook itu menerima permintaan pertemanannya, akun itu langsung menghubungi pengguna tersebut melalui massenger dan mengaku sebagai Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.

“Salam kenal H Ansar Ahmad SE MM adalah politikus Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Kepulauan Riau. Begitu pesan yang dituliskan akun itu ke pengguna tersebut,” katanya.

Mendapat pesan itu lanjutnya, pengguna facebook itu pun, langsung merespon balik pesan yang ia terima. Tapi, akun palsu itu tiba-tiba meminta nomor WhatsApp, dan meminta agar komunikasi dilanjutkan melalui chat di aplikasi whatsApp.

“Brapa nomor wa nya agar kelanjutannya di wa saja dan bisa menjadi rekan di wa sekaligus teman dan bisa berilaturahmi dengan ibu,” ujar Hasan menirukan isi percakapan itu.

Untungnya kata Hasan, pengguna facebook itu merasa curiga, dan iapun langsung memblokir pertemanan dengan akun palsu itu. Pengguna itupun melaporkan kejadian yang ia alami ke pihaknya.

“Kami mengucapkan terima kasih, karena percakapan itu tidak dilanjutkan dan langsung memblokir aku palsu itu,” tuturnya.

Atas kejadian itu, pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk melacak pemilik akun bodong tersebut. Pengguna Facebook juga diharapkan dapat melaporkan akun tersebut sebagai spam.

“Kami akan laporkan ke pihak yang berwajib,” tegasnya.

Karena kata dia, Gubernur Ansar, selama ini hanya memiliki fanpage di facebook dengan nama H Ansar Ahmad SE MM. Fanpage tersebut, hanya digunakan untuk mempublikasikan setiap kegiatan orang nomor satu di Provinsi Kepri itu.

“Akun itu dikelola admin. Masyarakat bisa mem-follow atau like akun itu. Akun yang sebenarnya ini pun tidak pernah meminta pertemanan di-facebook,” pungkasnya.

Dari pantauan hariankepri.com, akun dengan nama Ansar Ahmad itu, terpantau cukup sering memposting setiap kegiatan Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Postingan teranyar akun itu yaitu kegiatan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad sewaktu melakukan launching pungutan retribusi labuh jangkar pada Maret 2021 lalu, yang diposting pada 5 Juli 2021, pukul 06.15 WIB.(kar)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here