Beranda Daerah Tanjungpinang

Target Jamhur Rp 6 Triliun dari Laut Kepri, Aamiin!

0
Kadishub Kepri Jamhur Ismail

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Jamhur Ismail menargetkan pendapatan asli daerah, dari sektor perhubungan mencapai Rp 6 triliun. Selain PAD, Kepri akan menjadi penghubung transportasi laut, Sumatera dan Kalimantan.

Target PAD mencapai Rp 6 triliun itu berasal dari jasa kepelabuhanan, sebagai pemanfaatkan ruang laut secara menetap. Di Batam, Pulau Bintan dan Karimun ada sekitar 18 lokasi aktivitas kepelabuhanan.

“Ini kita kelola secara bertahap,” kata Jamhur.

Masih di jasa kepelabuhan, Jamhur mengatakan, pembangunan pelabuhan kapal roll on roll off (roro) di Tambelan sudah siap. Pelabuhan roro di Tambelan itu, dibangun dari sumber dana APBN (pusat) tahun anggaran 2016 lalu. Dalam waktu dekat, pelabuhan roro Tambelan ini akan diresmikan oleh Presiden RI Jokowi.

“Rencananya, peresmian dilakukan oleh Presiden RI Pak Jokowi, ketika berkunjung dan meresmikan beberapa proyek di Natuna nanti,” ujarnya.

Setelah pelabuhan diresmikan, kapal roro langsung beroperasi ke Tambelan. Kapal roro itu didatangkan dari Jakarta. Kemudian, akan membuka akses dari Pulau Bintan, Tambelan dan Sintete di Kalimantan Barat.

“Dengan demikian, Kepri menjadi penghubung Sumatera dan Kalimantan. Karena, dari Kepri sudah bisa akses transportasi laut menuju Jambi dari Lingga (Kepri). Dan dari Karimun (Kepri) ke Riau,” jelas Jamhur. (eci)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here