Beranda Headline

Tahun Ini Dapat Dana Rp 6,95 Miliar, Disdik Kepri Bangun SMK Negeri di Natuna

0
Kabid Pembinaan SMK Disdik Kepri, Irwan Pangabean, bersama Tim dari Kemendikbud dan konsultan saat meninjau lokasi sekolah-f/dani-hariankepri.com

NATUNA (HAKA) – Keseriusan pemerintah pusat mulai terlihat, dengan akan dibangunnya Unit Sekolah Baru (USB) SMK di Kecamatan Bunguran Timur Laut.

“Ya, rencananya tahun ini di Natuna akan dibangun USB untuk SMKN 1 Bunguran Timur Laut,” tegas Kabid Pembinaan SMK Disdik Kepri, Irwan Panggabean saat meninjau lokasi lahan untuk pembangunan SMK di Tanjung Kecamatan Bunguran Timur, Rabu (15/7/2020).

USB yang akan dibangun nantinya, sambung Irwan, merupakan relokasi dari bangunan lama. Hal ini dilakukan, karena yang lama lokasinya jauh dari pemukiman warga dan susah diakses.

“Makanya untuk lokasi baru kita pilih yang dekat dengan jalan raya dan lahannya pun tersedia cukup luas,” tambahnya.

Ia mengungkapkan, pembangunan USB di Natuna ini, adalah sejarah pembangunan pertama yang menggunakan dana APBN, semenjak kewenangan SMA dan SMK dialihkan ke Pemerintah Provinsi.

“Alhamdulillah, tahun ini kita mendapat dana Rp 6,95 miliar, yakni Rp 6 miliar dari APBN dan Rp 950 juta dari APBD Provinsi untuk SMKN 1 Bunguran Timur Laut. Berkah bagi Natuna,” imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Sarana dan Prasarana SMK Kemendikbud, Arie Wibowo Kurniawan menyampaikan, bahwa rencana pembangunan USB SMK 1 Bunguran Timur Laut ini merupakan realisasi dari janji Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebelumnya.

“Waktu itu pak Muhadjir Effendy melihat langsung lokasi bangunan yang berada di tengah hutan,” ujarnya.

Selanjutnya Arie Wibowo menjelaskan bahwa proses yang dilalui memang cukup panjang, sampai akhirnya diputuskan untuk mengalokasikan dana untuk pembangunan USB tersebut.

“Sampai saat ini prosesnya berjalan dengan baik, ada satu yang masih mengganjal yaitu masalah surat ukur tanah, yang merupakan hibah dari Pemda Natuna,” terangnya.

Terakhir Arie Wibowo menyampaikan bahwa menurut rencana bangunan USB tersebut akan selesai tahun ini, pengerjaan dilakukan secara swakelola.(dan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here