Beranda Headline

Tahun Ini, BPN Tanjungpinang Sediakan 100 Sertifikat Gratis

0
Kepala BPN Kota Tanjungpinang, Bambang Prasongko-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tanjungpinang, kembali menyediakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), atau sertifikat tanah gratis.

Kepala BPN Tanjungpinang, Bambang Prosongko menyampaikan, di tahun 2024 ini, pihaknya telah menyediakan program PTSL untuk 100 bidang tanah atau 100 sertifikat.

“Tahun ini tidak banyak, target kita hanya 100 bidang,” katanya saat diwawancarai hariankepri.com, kemarin.

Ia merincikan, tanah yang akan masuk dalam program PTSL itu, berada di 5 kelurahan, yakni Kelurahan Pinang Kencana, Batu IX, Kampung Bulang, Kemboja dan Kelurahan Tanjung Ayun Sakti.

Bambang menambahkan, pendaftaran program PTSL ini sudah dibuka sejak beberapa waktu yang lalu, dan 100 bidang tanah tersebut sudah masuk dalam daftar BPN Tanjungpinang.

“Saat ini sedang dilakukan pengecekan berkas yang sudah masuk, baik data yuridisnya maupun fisik di lapangan untuk diproses lebih lanjut,” terangnya.

Ia melanjutkan, adapun salah satu syarat untuk mengikuti program PTSL ini, masyarakat harus mempunyai surat dasar tanah, dan identitas-identitas pendukung lainnya sebagai kepemilikan tanah.

“Yang ingin mendaftar bisa siapa saja, asalkan memenuhi syarat yang sudah ditentukan,” ucapnya.

Bambang juga menjelaskan, bahwa program PTSL ini dibiayai oleh APBN. Untuk proses yang ada di BPN meliputi pengukuran, pemeriksaan tanah, penerbitan sertifikat.

“Namun untuk biaya lainnya seperti untuk patok batas dan pemasangannya, materai dan proses surat menyurat yang dilakukan di luar BPN, menjadi tanggung jawab peserta,” tukasnya.(zul)

Baca juga:  Hasil Muscab ke-V, drh Ana Dela Kembali Pimpin PDHI Kepri
example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini