Harian Kepri

Sederet Infrastruktur Hasil Karya Rahma di 4 Tahun Memimpin Tanjungpinang

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma usai mengecek pembangunan Quran Center beberapa waktu lalu-f/istimewa-prokopim

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pada Rabu (21/9/2022) besok, adalah tahun ke 4 usia kepemimpinan Wali Kota Rahma. Baik sebagai Wakil Wali Kota, Plt Wako, hingga Wali Kota definitif sejak tahun 2020 silam.

Dalam rentang masa kepemimpinan itu, banyak sudah yang direalisasikan oleh Wakil Ketua DPD NasDem Provinsi Kepri itu, dalam membangun Kota Tanjungpinang.

Sebut saja salah satunya, yakni pembangunan infrastruktur. Seperti Penerangan Jalan Umum (PJU), penanganan banjir, perbaikan jalan, pembangunan gedung yang sudah direalisasikan oleh mantan anggota DPRD Kota Tanjungpinang tersebut.

Berdasarkan data, untuk pembangunan PJU, Rahma berhasil membuat Tanjungpinang bisa terang benderang dengan membangun PJU sebanyak 8.436 titik, melebihi yang ditargetkan. Serta lampu PJU yang diperbaiki, sebanyak 3.504 unit selama 3 tahun terakhir.

Lalu untuk pembangunan jalan, sejak 2018 hinggat saat ini, telah dibangun dan dilebarkan jalan aspal sepanjang 11,98 kilometer.

Sedangkan untuk penanganan banjir, dari segi pembangunan hingga normalisasi penanganan titik banjir, telah ditangani sebesar 11,11 persen pada tahun 2021 yang mencapai 96 persen dari target.

Wali Kota Rahma saat menyerahkan bantuan

Infrastruktur lain yang direalisasikan Rahma yakni, pembangunan quran center dan masjid, yang berfungsi sebagai pembelajaran alquran bagi para santri Kota Tanjungpinang.

Sementara itu, pada tahun lalu, Rahma juga merevitalisasi Gedung Lembaga Adat Melayu Tanjungpinang. Merehabilitas Pasar Potong Lembu, rehabilitasi Puskesmas Sei Jang.

Untuk memfasilitasi UMKM Kota Tanjungpinang, Rahma juga membangun Centra UKM yang terletak di Terminal Sei Carang. Bangunan yang akan siap pada akhir tahun ini, bertujuan mempermudah UMKM mempromosikan produknya.

Selain itu, saat ini Pemko Tanjungpinang juga sedang membangun penataan Melayu Square, untuk dijadikan pusat kuliner yang rapi.

Nah, yang terakhir, keberhasilan Rahma dalam memimpin, ia mampu melobi pemerintah pusat untuk merevitalisasi pasar baru Tanjungpinang, yang sejak 32 tahun lalu tidak ada perawatan, dan tidak layak.

Bahkan, pada tahun ini, bangunan yang akan menggunakan anggaran sekitar Rp 80 miliar itu akan mulai dibangun oleh pemerintah pusat.

Saat dimintai tanggapan Wali Kota Tanjungpinang, Rahma. Ia mengaku bersyukur, banyak program pembangunan yang berhasil direalisasikan, meskipun dengan anggaran yang sangat terbatas.

“Tentu saya bersyukur, dalam keadaan yang sulit ataupun Covid-19, saya bisa berbuat di Kota Tanjungpinang,” sebutnya.

Wali Kota Rahma saat memborong dagangan UMKMdv

Menurutnya, pembangunan tersebut semata-mata khusus untuk kepentingan masyarakat Tanjungpinang. “Seperti lampu jalan itu memang fokus saya. Supaya Tanjungpinang lebih terang benderang dari sebelumnya,” sebutnya.

Begitu juga pembangunan Centra UMKM. Menurutnya bagunan tersebut, untuk membangkitkan pelaku usaha yang sempat lesu dilanda Covid-19.

“Pembangunan yang saya lakukan semuanya untuk kepentingan warga saya. Insya allah dengan sisa satu tahun lagi saya menjabat akan ada lagi infrastruktur lainnya yang bermanfaat untuk masyarakat,” tukasnya.

Untuk memperingati empat tahun kepemimpinan, Rahma bersama jajaran Pemko Tanjungpinang, akan menggelar doa bersama anak yatim

“Besok akan digelar doa dan makan bersama dengan anak yatim,” sebutnya, Selasa (20/9/2022) saat ditemui di Hotel Ck.

Ia menambahkan, pada pelaksanaan itu, nantinya seluruh jajaran kepala OPD, camat dan lurah serta stakeholder terkait akan hadir.

“Insya allah besok. Kita memohon doa, semoga di sisa 1 tahun kepemimpinan saya ke depan bisa lebih baik,” sebutnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada jajaran pemko dan seluruh masyarakat Tanjungpinang, yang sudah terus mendukung dan saling memberikan masukan terhadap dirinya dalam membangun Tanjungpinang selama ini.

“Kepemimpinan saya tinggal satu tahun lagi, saya mohon seluruh pihak bisa bersama-sama membantu untuk kemajuan Kota Tanjungpinang,” pungkasnya.(zul)

Exit mobile version