Beranda Opini

Resep Memanfaatkan Flourish untuk Visualisasi Penangkapan Ikan di Kepri Tahun 2015-2019

0
Grafik Persentase dan Total Produksi Perikanan Provinsi Kepulauan Riau Pada Tahun 2015 – 2019 (https://public.flourish.studio/visualisation/7672454/)

Oleh : Rico Barino dan Zulfikar

Salah satu potensi kemaritiman Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) adalah sumber daya kelautan dan perikanan. Dengan kondisi geografis keseluruhan luas wilayah Kepulauan Riau, sebesar 8.201,72 km², dengan luas lautannya sekitar 96 persen sedangkan luas daratannya hanya sekitar 4 persen.

Wilayah laut yang lebih luas ini, tentunya sektor sumber daya kelautan dan perikanan merupakan menjadi ujung tombak kemajuan sebuah daerah maritim.

Dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan (Barenlitbang) Provinsi Kepri, potensi sumber daya ikan laut di Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) 711 yang meliputi (Selat Karimata, Laut Natuna dan Laut Cina Selatan) diperkirakan sebesar 1.057.050 ton/tahun.

Untuk wilayah perairan laut Kepulauan Riau memiliki potensi sumber daya ikan sebesar 860.650,11 ton/tahun, artinya potensi sumber daya ikan laut dari keseluruhan WPP 711, sebesar 81,41 persen ada di Provinsi Kepri.
Namun, faktanya, berdasarkan dari hasil analisis sederhana dengan memanfaatkan sumber data terbuka.

Dalam kurun waktu lima tahun yakni lima tahun, yakni 2015 – 2019, jumlah produksi perikanan tangkap di Kepri dibandingkan jumlah potensi yang ada masih di bawah 40 persen tiap tahunnya. Jumlah tersebut, tergolong kecil bila dibandingkan dengan potensi yang ada.

Platform yang digunakan untuk menelusuri dataset mengenai statistik perikanan di Indonesia, dengan memanfaatkan laman resmi milik Kementerian Kelautan Perikanan.

Di laman itu, berisikan data statistik yang meliputi, data potensi sumber daya ikan, data estimasi potensi, data produksi perikanan, data produksi garam, data jumlah unit pengelolaan ikan, data jumlah nelayan dan pembudidaya.

Seluruh data tersebut dapat diakses melalui tautan ini. Saat dibuka, tampilan laman akan terlihat seperti di bawah ini :

Gambar 1 : Tampilan laman Statistik KKP

Untuk mendapatkan dataset mengenai data produksi perikanan di Provinsi Kepri, dengan meng-klik menu “Data Produksi Perikanan” yang ada di halaman awal laman Statistik KKP. Hasilnya akan terlihat tampilan menu Pencarian Produksi Ikan – Provinsi Jenis Usaha, yang di bawahnya terdapat pilihan berupa Tangkap Laut, Tahun, Jenis Ikan, Provinsi.

Gambar 2 : Tampilan Data Produksi Perikanan Laman Statistik KKP

Selanjutnya, pengunjung dapat memilih menu di Pencarian Produksi Ikan – Provinsi, yakni, untuk Jenis Usaha pilih Tangkap Laut, Tahun : 2015 – 2019, Jenis Ikan Select All, Provinsi : Kepulauan Riau. Lalu klik search (cari). Tampilannya terlihat seperti gambar berikut ini :

Gambar 3 : Tampilan Hasil Pencarian Data Hasil Produksi Perikanan


example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here