Beranda Headline

Rencana Ansar Direspon BRC Lagoi, 16 Maret Ground Breaking Sirkuit untuk GP dan F1

0
Ilustrasi : Sirkuit Internasional Mandalika yang terletak di Lombok-f/istimewa-indonesia.travel

BINTAN (HAKA) – Rencana Gubernur Kepri, Ansar Ahmad untuk membangun sirkuit bertaraf internasional di Pulau Bintan, direspon positif oleh PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) selaku pengelola kawasan wisata Lagoi.

GM PT BRC Abdul Wahab, menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan lahan sekitar 100 hektar untuk pembangunan sirkuit bertaraf internasional tersebut.

“Ada dua kawasan lahan yang disiapkan, yakni berdekatan dengan danau Lagoi Bay, dan di belakang pantai pasir panjang dengan panorama pemandangan alam laut,” katanya, kemarin.

Sejauh ini lanjutnya, lahan tersebut sedang dalam tahap evaluasi oleh Tim Konsultan Inggris, Populous.

“Dalam waktu dekat BRC dan IMI akan melakukan penandatanganan MoU. Kemudian, dilanjutkan dengan mengadakan ground breaking pembangunan sirkuit pada 16 Maret 2022. Sirkuit ini rencananya diperuntukkan untuk balap Formula 1 (F1), MotoGP, dan balap mobil internasional,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pembangunan sirkuit itu nantinya akan menggunakan dana konsorsium yang bekerjasama dengan BRC. Pembangunannya sendiri ditargetkan akan memakan waktu selama dua tahun.

“Harapannya 2024 sudah rampung, lalu dilanjutkan dengan menggelar event balap internasional perdana di sirkuit tersebut,” tuturnya.

Terpisah, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, menuturkan, Pemprov Kepri sangat menyambut baik pembangunan sirkuit tersebut. Menurutnya, sirkuit internasional di Lagoi itu, untuk melengkapi keberadaan sirkuit balap internasional yang ada di Indonesia.

“Jika di wilayah timur ada sirkuit Mandalika Lombok, kemudian di wilayah tengah menyusul sirkuit Formula E DKI Jakarta, maka di wilayah barat juga harus ada satu sirkuit balap internasional, dan posisi yang dianggap paling strategis ialah Kepri,” katanya.

Orang nomor satu di Provinsi Kepri ini juga merasa yakin, pembangunan sirkuit balap tersebut, dipastikan dapat mendorong lebih banyak event internasional yang akan digelar di daerah pariwisata Lagoi.

“Semoga sirkuit ini lekas terwujud, sebab banyak pengguna mobil mewah di negeri seberang yang sudah tak sabar ingin berkendara sambil menikmati keindahan alam Lagoi,” pungkasnya.(kar)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini