Beranda Daerah Bintan

Raih Juara Tingkat Nasional, Dewi Ansar Apresiasi Kemampuan Keiza yang Masih SD

0
Wakil Ketua I DPRD Kepri Dewi Kumalasari Ansar dan Keiza Adinda Syakira, memperlihatkan piala dan piagam juara II Nasional pada literasi membaca buku cerita untuk anak-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Wakil Ketua I DPRD Kepri, Dewi Kumalasari Ansar mengapresiasi Kezia Adinda Syakira, anak umur 9 tahun yang berhasil mengukir prestasi.

Dewi bangga melihat anak yang masih duduk di kelas 3 SDN 001 Bintan Utara itu, telah mendapat juara dua tingkat Nasional, pada ajang literasi digital festival membaca buku cerita untuk anak tahun 2021.

Anak itu, menurut Dewi, telah berani menunjukan kemampuannya kepada banyak orang. Dengan intonasi (argumentasi) suara selayaknya orang dewasa yang profesional.

“Kita semua bangga, anak sekecil itu mengarahkan kita berbuat amanah serta berkomitmen untuk tetap baca buku,” ucap Dewi usai bercerita sama Keiza, di Kantor Camat Bintan Utara, pekan lalu.

Dewi menilai, kebanyakan orang saat ini telah melupakan budaya membaca buku. Padahal, buku adalah jendela dunia, untuk memberikan kita ilmu pengetahuan dan referensi dari berbagai disiplin keilmuan. Baik aspek sosiologi, ekonomi, hukum maupun politik.

“Malah kebanyakan orang sekarang, membaca lewat handphone android jaringan internet,” tuturnya.

Belajar dari pengalaman Keiza itu, Dewi mengajak generasi muda Provinsi Kepri untuk gemar serta perbanyak literasi baca buku, di manapun.

Setiap daerah di Kepri, sambung Dewi, masing-masing telah memiliki perpustakaan dan arsip, untuk masyarakat.

“Kita punya perpustakaan Provinsi Kepri, yang berada di Jalan Basuki Rahmat, Kota Tanjungpinang,” sebutnya.

Namun, perpustakaan itu jarang dikunjungi masyarakat. Melalui kesempatan ini, Dewi mengimbau generasi muda agar memanfaatkan fasilitas tersebut.

“Supaya bisa menambah wawasan serta referensi dari berbelbagai aspek kehidupan,” pungkasnya.

Di beritakan sebelumnya, Anggota Dewan Penasihat Forum Gerakan Literasi Sekolah Nasional (FGLSN) Supeni Nugrahawati, mengatakan, dalam kejuaraan yang dilaksanakan oleh FGLSN Pusat. Ananda Keiza bisa bersaing dengan pelajar SMP, SLB maupun SMP di Indonesia.

“Iya, ananda Kezia dapat juara favorit II. Juara I dari siswa SMP Jawa Barat,” ucap Supeni, bersama Kezia serta kedua orang tuanya, di Kantor Camat Bintan Utara, Rabu (17/11/2021). (rul)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here