Beranda Headline

Peta Pilgub Tahun Depan, Pengamat: Nurdin-Isdianto Tak Cocok dari Awal

0
Gubernur Kepri Nurdin Basirun bersama wakilnya Isdianto

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pengamat Politik Suradji mengatakan, sikap Wakil Gubernur (Wagub) Isdianto yang terkesan, berambisi untuk maju pada Pilgub Kepri 2020 mendatang menunjukkan sinyal ketidakcocokkan antara Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Isdianto dalam memimpin Provinsi Kepri saat ini.

“Sinyalemen bahwa Isdianto akan berhadapan dengan Nurdin mempertegas ketidakcocokan keduanya dalam memimpin Kepri selama ini,” ujarnya, Kamis (17/1/2019).

Menurutnya, sikap Gubernur Kepri Nurdin Basirun yang membatasi peran Isdianto dalam memimpin Provinsi Kepri yang membuat Isdianto ingin berpisah dengannya pada Pilgub 2020 mendatang.

“(Meskipun) Sebenarnya masih terlalu prematur untuk bicara kontestasi dalam pilgub 2020. Tapi, kalau dilihat gelagatnya Isdianto (pada Pilgub Kepri) akan berhadapan dengan Nurdin,” sebut Dosen Ilmu Administrasi Negara, Fisip UMRAH ini.

Doktor Ilmu Politik ini juga menyampaikan, ketidakharmonisan keduanya sejatinya sudah terjadi sejak awal penetapan Isdianto, sebagai Wagub Kepri oleh DPRD beberapa waktu lalu.

Ketika itu kata dia, Gubernur Kepri Nurdin Basirun enggan untuk mengajukan nama Isdianto sebagai Wagub Kepri. Sehingga, proses pemilihan dan penetapan Wagub Kepri waktu itu menimbulkan dinamika politik yang cukup panjang.

“Ibarat bayi yang tidak diharapkan, begitulah posisi Isdianto waktu itu. Dalam perjalanannya, bayi yang tidak diharapkan tadi tidak diberikan peran yang cukup sehingga nyaris tidak bisa memainkan peran yang cukup,” tuturnya.

Sebelumnya pada Jumat (11/1/2019) kemarin, Wagub Isdianto mengisyaratkan bakal berpisah dengan Gubernur Kepri Nurdin Basirun pada Pilgub Kepri 2020 mendatang.

“(Karena) dalam politik ini 1 tambah 1 tidak dua. Dinamis sifatnya,” jawabnya ketika ditanya kemungkinan dirinya bakal berpasangan kembali dengan Nurdin Basirun pada Pilgub Kepri 2020.

Waktu itu, Ketua Dewan Pembina DPD PDI Perjuangan Provinsi Kepri itu juga menyebutkan, jika ia sudah berencana untuk menggandeng Wakalpolda Kepri Brigjend Pol Yan Fitri pada Pilgub 2020 mendatang.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun sendiri ketika menanggapi ambisi Isdianto menilai adik kandung Alm HM Sani itu semakin dewasa dalam berpolitik. “Kalau dia sudah mengatakan akan berpisah dengan saya itu satu tekad yang bagus,” ujarnya, Selasa (15/1/2019) kemarin. (kar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here