Harian Kepri

Pesan Rahma di Forum Perangkat Daerah: Hindari Program yang Tak Bermanfaat

Wali Kota Rahma saat menyampaikan sambutan di Forum Perangkat Daerah-f/istimewa-prokopim

TANJUNGPINANG (HAKA) – Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, meminta seluruh jajaran perangkat daerah di lingkungan Pemko Tanjungpinang, untuk menghindari kegiatan yang hasilnya tidak bermanfaat untuk masyarakat.

Pesan tersebut disampaikan Rahma, ketika membuka Forum Perangkat Daerah di Gedung PKK, Senggarang, Senin (27/2/2023). Forum ini dihadiri oleh seluruh pejabat di lingkungan Pemko Tanjungpinang.

Selain itu, hadir dalam kegiatan ini Forum RT/RW, akademisi, praktisi, dan organisasi kemasyarakatan, yang mengikuti kegiatan secara langsung melalui saluran Youtube Diskominfo Kota Tanjungpinang.

Meski tidak dihadiri seorang pun anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Rahma juga berharap, agar OPD mengakomodir pokok-pokok pikiran yang nanti akan diusulkan oleh anggota dewan.

Rahma mengatakan, forum perangkat daerah ini, untuk mempertajam usulan masyarakat yang terakomodir dalam musrenbang. Tentu dengan tetap melakukan perhitungan yang cermat, terhadap kemampuan pembiayaan yang tersedia.

Suasana pelaksanaan Forum Perangkat Daerah-f/istimewa-prokopim

“Perhatikan lima skala prioritas di tiap-tiap kelurahan. Kurangi kegiatan-kegiatan yang tidak penting, utamakan kegiatan yang menyentuh langsung masyarakat,” tegasnya.

Menurutnya, dasar penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024, adalah dokumen yang berisi program dan kegiatan yang terencana.

“Oleh sebab itu saya tetap menekankan pentingnya akurasi data, agar program dan kegiatan tepat kepada sasaran,” ujarnya.

Bukan itu saja, dalam pengumpulan data, kata Rahma, jangan hanya mengandalkan data yang tersedia. Namun lakukan pengecekan kembali atau divalidasi.

Wali Kota Rahma foto bersama di Forum Perangkat Daerah-f/istimewa-prokopim

“Supaya ketika dilaksanakan, program tersebut tepat sasaran secara optimal,” imbuhnya.

Adapun prioritas pembangunan Kota Tanjungpinang tahun 2024, sebut Rahma, di antaranya, penguatan ekonomi kerakyatan dan investasi sesuai potensi daerah.

Lalu peningkatan infrastruktur wilayah yang berkualitas merata dan pro lingkungan. Peningkatan pelayanan publik reformasi birokrasi dan penciptaan ketentraman ketertiban umum, serta peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudaya.

“Musrenbang tingkat kota pekan kedua Maret nanti, kita coba laksanakan di Mall TCC. Agar masyarakat lebih banyak tahu, seperti apa proses program dan kegiatan yang akan mereka nikmati tahun depan dilaksanakan,” tukasnya. (adv)

Exit mobile version