Beranda Headline

Pendaftaran Siswa Baru di Tanjungpinang Mulai Juni, Dilakukan Secara Online

0
Plt Kadisdik Kota Tanjungpinang, Mulia Wiwin-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdik Kota Tanjungpinang, Mulia Wiwin mengatakan, pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk sekolah dasar dan menengah di Tanjungpinang akan dibuka pada Juli 2021 mendatang.

Pada PPDB itu, pihaknya sudah membuat perencanaan. Untuk SMP ada 4 jalur, yakni zonasi, afirmasi, prestasi dan pindah tugas orang tua. Sedangkan SD hanya ada 3 jalur, yakni zonasi, afirmasi dan pindah tugas.

Untuk jalur prestasi, pelaksanaannya akan dibuka pada 21 hingga 22 Juni 2021 mendatang. Pengumumannya pada 24 Juli 2021.

Kemudian, untuk 3 jalur lainnya, lanjut Wiwin, dijadwalkan pada 28 Juni 2021 hingga 2 Juli 2021 mendatang. Pengumumannya pada 5 Juli 2021.

Ia menambahkan, untuk jalur zonasi tingkat SD sebanyak 80 persen, afirmasi 15 persen dan pindah tugas 5 persen.

Sedangkan SMP, untuk jalur prestasinya 10 persen, zonasi 70 persen, afirmasi 15 persen dan pindah tugas orang tua 5 persen.

“Untuk PPDB, kami sudah melakukan persiapan seperti akan meminimalisir dan melakukan sosialisasi kepada orang tua tentang sistem zonasi,” katanya, Jumat (21/5/2021) saat dijumpai di kantornya.

Karena kata dia, sistem zonasi ini harus benar-benar dilakukan sosialisasi secara terus menerus.

“Kadang mohon maaf, mungkin pemahaman orang tua terkait zonasi ini masih sangat minim. Padahal dengan penerapan zonasi ini, semua sekolah itu sama saja,” ungkapnya.

Berbeda dengan jalur prestasi, kata Wiwin, itu mereka para siswa bisa memilih sekolah yang dianggapnya unggul.

“Meskipun sekolah belum tau kapan dibuka, karena masih melihat pertimbangan lainnya dan tergantung kebijakan wali kota,” tukasnya.(zul)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here