Beranda Headline

Pemkab Natuna Gandeng BNPP untuk Jadikan Ranai Sebagai PKSN

0
Plt Asisten I Setda Kabupaten Natuna, Budi Darma saat memberikan pengarahan-f/istimewa-pemkab

NATUNA (HAKA) – Plt Asisten I Setdakab Natuna, Budi Darma memimpin pertemuan dengan Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) di Ruang Rapat Lantai II Kantor Bupati Natuna, Rabu (16/9/2020).

Budi Darma menyampaikan, maksud dan tujuan kegiatan ini untuk mendukung pengembangan Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN) Ranai, dalam penguatan kapasitas SDM sesuai visi misi pemerintah.

“Memperkuat koordinasi pusat atau lintas kementerian dengan daerah perbatasan dalam peningkatan kualitas SDM,” ujarnya.

Kabid Monitoring dan Evaluasi Kawasan Perbatasan Laut BNPP, Sriyanto-f/istimewa-pemkab

Pada kesempatan yang sama Kabid Monitoring dan Evaluasi Kawasan Perbatasan Laut BNPP, Sriyanto menjelaskan tugas BNPP antara lain menetapkan kebijakan program pembangunan perbatasan.

“Ada lima agenda prioritas, di antaranya pembangunan SDM yang pekerja keras dan dinamis, SDM terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” terangnya.

Selanjutnya Sriyanto juga memaparkan bahwa PKSN adalah, kawasan perkotaan yang ditetapkan untuk mendorong pengembangan kawasan perbatasan.

Suasana pertemuan di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna-f/istimewa-pemkab

“Fungsi dari PKSN adalah pusat perkotaan sebagai pos pemeriksaan lintas batas dengan negara tetangga,” tambahnya.

Terakhir Sriyanto menyampaikan dukungan dari beberapa Kementerian dalam pemberdayaan masyarakat kawasan perbatasan, juga sangat penting.

“Beberapa kementerian akan memberikan dukungan, berupa pelatihan pemandu dan pengembangan pariwisata serta dukungan sarana prasarana pariwisata,” terangnya.(dan)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here