Beranda Daerah Bintan

Pemkab Bintan Sudah 2 Kali Gelar Job Fair, Seribuan Karyawan Diterima Bekerja

0
Bupati Bintan Roby Kurniawan-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan bekerjasama dengan sejumlah perusahaan, telah menggelar dua kali job fair berskala besar pada semester pertama tahun 2024.

“Job fair itu merekrut seribuan karyawan untuk bekerja di Bintan,” ucap Bupati Roby Kurniawan kepada wartawan, Senin (8/7/2024).

Ia menyebutkan, job fair pertama di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) PT BAI, pertengahan Maret 2024, dan di Kawasan Wisata Lagoi Bintan pada pekan pertama Juni 2024 lalu.

“Di PT BAI yang mendaftar 8 ribu orang untuk 793 lowongan. Di Lagoi diikuti 1.324 pelamar, yang dibutuhkan 746 karyawan untuk bekerja di 17 perusahaan,” sebutnya.

Adapun tujuan job fair itu kata Roby, untuk memberikan informasi secara terpusat kepada publik khususnya warga Bintan. Artinya, Pemkab Bintan memfasilitasi pekerja lokal melamar di perusahaan yang berada di Bintan sesuai kompetensi masing-masing.

“Job fair yang telah dilakukan itu, difokuskan untuk warga lokal Kabupaten Bintan yang mempunyai skil dan kompetensi,” terangnya.

Menurut Roby, Pemkab Bintan juga telah menandatangani kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Bintan, untuk merekrut tenaga kerja lokal sekitar 80 persen.

“MoU Pemkab Bintan dan para perusahaan itu untuk mengakomodir anak-anak tempatan Kabupaten Bintan terlebih dahulu,” imbuhnya.

Roby menambahkan, data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Bintan, untuk angka tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Bintan terus mengalami penurunan yang siginifikan setiap tahunnya.

Yakni, tingkat pengangguran terbuka Kabupaten Bintan pada tahun 2021 sekitar 8,62 persen, turun menjadi 6,91 persen di tahun 2022, dan tahun 2023 kembali turun sekitar 5,43 persen.

“Tingkat kesempatan kerja juga meningkat hingga 94,56 persen diikuti dengan tingkat partisipasi angkatan kerja mencapai 67,55 persen,” tutupnya. (rul)

Baca juga:  13 Perwira Polri Kuliah Kerja Profesi di Polresta Tanjungpinang
example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini