Beranda Headline

Pemilih Tanjungpinang pada Pilwako 2024 Bakal Bertambah 5.409 orang

0
Komisioner KPU Kota Tanjungpinang, Andri Yudi-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Komisioner KPU Kota Tanjungpinang, Andri Yudi menyampaikan, potensi pemilih pada Pilkada 2024 mendatang akan bertambah sekitar 5.409 orang.

Menurutnya, angka potensi itu didapatkan berdasarkan penghitungan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dilakukan oleh jajaran KPU Kota Tanjungpinang.

Ia menjelaskan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilu 2024 lalu, ada sebanyak 167.076 jiwa, sedangkan DPS pada pilkada 2024 sudah mencapai 172.485 orang.

“Berdasarkan angka itu, jumlah pemilih bertambah sekitar 5.409 orang,” katanya kepada hariankepri.com, kemarin.

Ia menilai, penambahan pemilih itu dikarenakan, banyaknya jumlah penduduk yang akan memasuki usia 17 tahun menjelang ataupun bertepatan pada 27 November 2024.

“Dalam penambahan itu, mayoritas dari pemilih pemula,” ucapnya.

Namun ia belum bisa memastikan, soal angka 5.409 potensi penambahan itu. Sebab, jumlah pemilih diputuskan setelah KPU Kota Tanjungpinang menetapkan DPT.

Hingga saat ini, KPU Kota Tanjungpinang masih menunggu laporan dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), yang sedang melakukan pencocokan dan penelitian (coklit).

“Untuk penetapan DPT harus kita telusuri terlebih dahulu melalui pantarlih. Dari DPS itu bisa saja berkurang ataupun bertambah,” tukasnya.(zul)

Baca juga:  Dalam Proses Penyelidikan Polisi, Kafe Leko Setop Beroperasi
example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini