Beranda Headline

Pembangunan Jembatan Batam-Bintan Masuk Dalam Major Project RKP Tahun 2023

0
Daftar proyek usulan Pemprov Kepri yang masuk dalam RKP Tahun 2023 yang disampaikan dalam Musrenbang RKPD Pemprov Kepri Tahun 2023, Rabu, (30/3/2022)-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kementerian PPN/Bappenas menetapkan, pembangunan Jembatan Batam-Bintan (Babin) sebagai Major Project Pengembangan Kawasan Batam-Bintan, dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2023.

Selain itu, ada juga lima proyek lainnya yang juga masuk dalam major project tersebut. Yakni, proyek penyediaan air baku DAS Kawal, pembangunan Fly Over Simpang Kabil, pembangunan sistem pembuangan air limbah domestik, pembangunan Jalan Lintas Barat (Simpang Lobam – Simpang Gesek), dan pembangunan bangunan pengendali banjir Batam-Bintan.

Semua itu tersaji, dalam data yang dipaparkan oleh Deputi Bidang Kemaritiman dan SDM Kementerian PPN/Bappenas, Arifin Rudiyanto dalam Musrenbang RKPD Pemprov Kepri Tahun 2023, Rabu, (30/3/2022) kemarin.

Dalam pemaparannya, Arifin menjelaskan, proyek-proyek tersebut merupakan usulan dari Pemprov Kepri, yang disampaikan dalam forum Rakor Teknis Rencana Pembangunan dan Rakor Gubernur se-Sumatera beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, dari hasil pencermatan Kementerian PPN, proyek-proyek yang diusulkan tersebut dinilai cukup prospektif untuk masuk dalam RKP Tahun 2023.

Karena sambungnya, usulan itu sangat mendukung langsung arah kebijakan RKP tahun 2023 dan Major Project Pengembangan Kawasan Batam-Bintan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Usulan-usulan ini perlu terus didorong pelaksanaannya, dan dipastikan anggarannya di tahun 2023,” katanya.

Pada kesempatan itu, Arifin juga menyampaikan, terdapat sejumlah isu strategis pembangunan di Provinsi Kepri, yang direkomendasikan untuk menjadi konsen dari pemerintah daerah, agar dapat diprioritaskan penyelesaiannya.

Yaitu, isu pelayanan dasar, isu peningkatan konektivitas, pengembangan komoditas perikanan dan pengembangan kawasan strategis.

“Jika disandingkan, isu-isu strategis tersebut sangat relevan dalam mendukung terlaksananya sejumlah arah kebijakan lain yang ada dalam RKP tahun 2023, antara lain percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim, revitalisasi industri, dan percepatan infrastruktur dasar,” ujarnya.(kar)

Berikut daftar proyek dan program usulan Pemprov Kepri yang masuk dalam Prioritas Nasional dan Major Project RKP Tahun 2023 :

1.Penyediaan Air Baku Das Kawal Tahap 2 (Pipa Tansmisi)
2. Flyover Simpang Kabil
3. Pemberdayaan dan Pembinaan Kemitraan Usaha Pemasok Industri Pariwisata
4. Pelaku usaha kreatif yang difasilitasi komersialisasi HKI
5. Siswa SMK yang tersertifikasi
6. Jumlah tenaga kependidikan yang ditingkatkan kapasitasnya
7. SMK yang mendapatkan fasilitasi pengembangan produk kreatif dan kewirausahaan
8. Tenaga kerja industri yang mendapatkan sertifikasi kompetensi
9. Jembatan Batam Bintan
10. Pengembangan sistem pengolahan limbah Industri B3
11. Penyediaan obat gizi
12. Suplementasi gizi mikro pada balita
13. Jalan Lintas Barat (Sp Lobam – Sp Gesek)
14. Pembangunan infrastruktur energi listrik
15. Pembangunan Bangunan Pengendali Banjir Batam-Bintan
16.Peningkatan produksi perikanan budidaya

#sumber : Kementerian PPN/Bappenas



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini