Beranda Daerah Bintan

Pelantikan Diwarnai Tangis Haru, 102 Siswa Resmi Jadi Prajurit TNI AL

0
Seorang prajurit yang baru dilantik jadi TNI AL, sedang berpelukan dengan orang tuanya di lapangan upacara Mako Satdik 1 Tanjunguban, Bintan Utara-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Sebanyak 102 siswa Dikmata TNI AL, Angkatan XLIV tahun 2024 Satdik 1 Kodiklatal Tanjunguban, dilantik dan diambil sumpah sebagai prajurit TNI AL.

Pelantikan dipimpin oleh Komandan Kodiklatal Letjen TNI (Mar) Nur Alamsyah di lapangan Mako Satdik 1 Tanjunguban, Bintan pada Kamis (4/7/2024).

Dalam kesempatan itu, Nur Alamsyah mengatakan, para siswa dinyatakan resmi menjadi prajurit Tamtama TNI AL dengan pangkat kelasi dua.

“Sebelumnya, para prajurit telah menjalani pendidikan dasar keprajuritan selama 3 bulan, dan pendidikan dasar golongan selama 1 bulan,” jelasnya.

Ia berpesan kepada prajurit TNI AL yang baru saja dilantik agar menjalankan segala kewajiban sebagai prajurit, dengan penuh tanggung jawab tunduk ketentuan hukum, dan memegang teguh prinsip kedisplinan.

“Meski sudah dilantik sebagai prajurit TNI AL dan menyandang pangkat, tapi status mereka masih sebagai siswa yang harus menyelesaikan pendidikan dasar golongan lanjutan selama 2 bulan,” jelasnya.

Proses pendidikan itu, sambung Alamsyah, para prajurit akan dibekali pengetahuan dan keterampilan profesi matra laut. Untuk itu, ia meminta agar meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan.

“Selain itu, para prajurit harus menjalankan normal peraturan dan tata tertib pendidikan,” pesannya kepada prajurit,” pungkasnya.

Pantauan di lapangan, keluarga para prajurit menyaksikan prosesi pelantikan dari pinggir lapangan. Usai kegiatan itu, para keluarga langsung berlarian mencari anak-anaknya yang sedang ada dalam barisan.

Sebagian besar prajurit yang baru dilantik, memeluk orang tua mereka karena haru dan melepas kangen. Prajurit dan anggota keluarga pun meneteskan air mata haru.

Namun, dibalik itu masih ada beberapa prajurit yang baru saja dilantik tetap berdiri tegak dalam barisan. Pasalnya, orang tua maupun walinya tidak datang di acara itu. (rul)

Baca juga:  Diberi Penghargaan oleh Rahma, 104 PNS Pemko Tanjungpinang Pensiun
example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini