Beranda Headline

Panen Rumput Laut, Ansar Wujudkan Misi Pemprov Kepri Berbasis Maritim

0
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad didampingi Kepala DKP Provinsi Kepri TS Arif Fadillah saat panen rumput laut di Pulau Jaga, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun, Selasa (7/9/2021)-f/istimewa-humprohub kepri

KARIMUN (HAKA) – Gubernur Kepri Ansar Ahmad, menyampaikan, Pemprov Kepri terus mendorong pengembangan budidaya rumput laut di wilayah Provinsi Kepri.

Ia menegaskan, hal tersebut merupakan perwujudan salah satu misinya yakni percepatan peningkatan pertumbuhan ekonomi berbasis maritim, berwawasan lingkungan.

“Kepri sebagai Provinsi Kepulauan membutuhkan usaha-usaha khusus, untuk optimalisasi hasil laut,” ujarnya saat panen rumput laut Kelompok Pembudidaya Rumput Laut di Pulau Jaga, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun, Selasa (7/9/2021).

Disampaikannya, saat ini sekitar 200 ribu rumah tangga nelayan di Kepri, merupakan nelayan tangkap.

“Alhamdulillah di Dusun Jaga maupun beberapa dusun yang lain ini masyarakat sudah mengembangkan budidaya rumput laut. Akan tetapi fluktuasinya naik turun,” paparnya.

Khusus untuk Kecamatan Moro, yang menjadi salah satu sentra budidaya rumput laut, akan dipetakan kembali berapa luas yang bisa dimanfaatkan.

“Untuk itu tugas kita mesti dilakukan dari hulu ke hilir. Kita tidak hanya bicara soal kemampuan memproduksi rumput laut, tetapi yang lebih penting adalah pasar yang kompetitif” katanya lagi.

Kepala DKP Kepri TS Arif Fadilah, menyampaikan, masyarakat Pulau Jaga yang memiliki sekitar 30 KK memiliki komoditas utama rumput laut.

“Pemasarannya pun sangat potensial untuk pasar dalam negeri maupun luar negeri. Kecamatan Moro di Kabupaten Karimun ini dikategorikan sangat layak untuk membudidayakan rumput laut,” jelasnya.

Menurut Mantan Sekdaprov Kepri ini, DKP Provinsi Kepri juga telah memberikan bantuan baik berupa dana maupun pembinaan dan pengawasan untuk meningkatkan produksi rumput laut, sehingga memberikan dampak positif bagi masyarakat tempatan. (kar/humprohub kepri)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here