Beranda Daerah Natuna

Pak Menteri Warga Natuna Takut Pembangunan Lapas “Alcatraz”

0
Penampakan penjara Alcatraz di Amerika Serikat yang mempunyai kemanan maksimum dan dijadikan tempat untuk napi kelas kakap. Di Natuna juga akan dibangun lapas yang menyerupai Alcatraz untuk sisi kemanan lapas

NATUNA (HAKA) – Terkait rencana Menteri Hukum dan HAM, yang akan membangun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Natuna dengan keamanan maksimum, mendapat penolakan dari warga.

Rencana pemerintah, lapas ini untuk menempatkan narapidana kejahatan luar biasa baik itu yang teroris maupun narkoba.

Sejumlah warga mengatakan, memang rencana itu sudah lama didengar oleh masyarakat Natuna. Awalnya direncanakan sekitar tahun 2014 lalu. Menkum HAM sendiri memiliki lahan sekitar 10 hektar di daerah Padang Angus Besa Binjai Kecamatan Bunguran Barat.

Sodir warga Ranai mengatakan, rencana pembangunan lapas di daerah Padang Angus Desa Binjai itu sudah lama dicanangkan, kenapa sekarang dihembuskan lagi.

“Setahu kami, rencana pembangunan lapas di Natuna itu untuk mengakomodir aspirasi warga, yang selalu kesulitan menjenguk saudara ke lapas yang di Tanjungpinang. Makanya ada usulan di Natuna juga bangun lapas,” jelasnya kepada hariankepri.com.

Sodir mengatakan, pembangunan lapas boleh saja, tapi jangan untuk para napi yang kategori kejahatan luar biasa.

“Jangan memasukkan narapidana kejahatan luar biasa ke Natuna,” pintanya.

Pendapat juga disampaikan oleh Dina warga Binjai. Ia mengatakan,apabila Menkum HAM membangun lapas di Natuna hanya untuk narapidana kejahatan luar biasa, ini membuat warga sangat kecewa dan tidak akan menerimanya.

“Jika memang betul, lapas Natuna untuk narapidana kelas kakap atau kejahatan luar biasa, jelas kita menolaknya. Kami takut,” ujarnya.

Menurutnya, Natuna beda dengan Pulau Nusakambangan. Di Natuna banyak warga yang tinggal di daerah yang akan dibangun lapas tersebut. Bisa jadi interaksi masyarakat kampung makin terbatas.

“Kalau ada apa-apa dengan napi nya, kabur atau gimana gitu, pasti berkeliarannya di desa kami juga,” ungkapnya.

Informasi yang berkembang, lapas yang nantinya akan dibangun di Natuna menyerupai lapas Alcatraz di Amerika yang memang diperuntukkan kepada tahanan kelas kakap.

Penjara Alcatraz merupakan rumah bagi 200 narapidana di fasilitas keamanan maksimum. Alcatraz ikon dari penjara Amerika dengan kondisi yang keras dan sulit melarikan diri dari lapas tersebut. (fer)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here