Beranda Daerah Natuna

Natuna, Penghasil Migas Tapi Masih Pakai Minyak Tanah

0
Migas

NATUNA (HAKA) – Kabupaten Natuna dikenal sebagai salah satu daerah penghasil minyak dan gas (migas). Uniknya, sampai hari ini warga Natuna justru belum menikmati gas yang dihasilkan dari buminya. Untuk keperluan bahan bakar sehari-hari, warga Natuna masih mengandalkan minyak tanah.

Padahal, penggunaan gas untuk keperluan sehari-hari sudah dilakukan di Tanah Air sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ketiadaan sarana pendukung untuk penyimpanan dan pengisian bulk elpiji menjadi alibi pembenar, daerah penghasil migas ini masih harus pakai minyak tanah.

Hingga kini belum bisa dipastikan kapan warga Natuna bisa menikmati gas. Faisal Firman, Kabag Migas Sekretariat Daerah Natuna, pun tak bisa memastikan kapan gas bisa dinikmati warga Natuna. Kendalanya, karena penentu kebijakan penggunaan gas bukan di Pemkab Natuna.

Karena tak jelas kapan mendapatkan gas, yang bisa dilakukan Pemkab hanya memperpanjang masa penggunaan minyak tanah. Terkait hal tersebut, Bagian Mias Setdakab Natuna, akan mengajukan penambahan kuota minyak tanah bersubsidi ke Badan Penyalur Hilir (BPH) Migas. Itu sebatas pengajuan, diterima atau tidak, tergantung BPH Migas.

Dengan jatah 2,5 liter yang di terima setiap warga untuk 1 KK itu, dikatakannya semua itu dirasakan sangat tidak mencukupi. Karena dalam satu KK itu ada yang tinggal lebih dari 3 orang. (fer)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here