Beranda Headline

Minggu Sore, Kemenag Tanjungpinang Pantau Hilal Syawal di Tanjung Setumu

0
Kemenag Tanjungpinang saat melakukan rukyatul hilal awal Ramadan pada tahun lalu-f/istimewa

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tanjungpinang belum bisa memastikan, tanggal berapa Hari Raya Idul Fitri 2022 tahun ini.

“Kami belum bisa memastikan kapan lebaran. Yang jelas saya sudah buat jadwal rukyatul hilal pada Minggu (2/5/2022),” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, Ahmad Husein, Rabu (27/4/2022) saat dihubungi hariankepri.com.

Ia menyebutkan, tempat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan 1 Syawal ini dilakukan dari Pantai Tanjung Setumu, Dompak.

“Tempatnya masih sama dengan penentuan 1 Ramadan kemarin,” sebutnya.

Menurutnya, memilih di pantai tersebut dikarenakan tempatnya lebih strategis, dan langsung lepas pemandangan ke laut tanpa terhalang oleh pulau-pulau.

“Lagi pula permukaan laut lebih rendah dari permukaan daratan. Sehingga bisa lebih jelas melihat anak bulanya,” terangnya.

Husein menambahkan, jadwal rukhyatul hilal 1 Syawal yang dilakukan pada Minggu mendatang itu, merupakan jadwal nasional dari Kemenag RI.

“Kita mulainya nanti pukul 16:00 WIB, serentak di seluruh daerah-daerah. Nanti pemerintah pusat yang melakukan sidang isbat,” tukasnya.

Sebagai informasi, di kalender nasional Hari Raya Idul Fitri telah jatuh pada Senin (2/5/2022) mendatang.(zul)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini