Beranda Opini

Mengenal Adi Prihantara, Alumni UNS yang Menjadi Sekdaprov Kepri

0
Sekdaprov Kepri, Adi Prihantara-f/istimewa-diskominfokepri

Oleh: drh. Iwan Berri Prima
PNS Pemkab Bintan

NASIB orang siapa tahu. Itulah yang dialami oleh Drs. Adi Prihantara, MM. Mantan, Sekretaris Daerah Pemkab Bintan, yang baru saja dilantik menjadi Sekdaprov Kepri, Selasa, 26 April 2022 di Gedung Aula Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Kota Tanjungpinang.

Adi adalah alumni Fisipol UNS (Universitas Sebelas Maret) Surakarta tahun 1989. Ia menjalani masa kecilnya di Kecamatan Punung, Pacitan Jawa Timur.

Ia alumni SDN Punung IV, SMP Negeri Punung dan alumni SMAN 271 Pacitan. Sebuah Sekolah Menengah Atas yang sekarang beralamat di daerah Blumbang, Ploso, Kecamatan Pacitan.

Setelah menamatkan kuliahnya di UNS, tidak kurang dari 4 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1993 Adi berhasil menjadi abdi negara. Saat itu, Bintan merupakan bagian dari Provinsi Riau.

Setelah menjadi staf sekitar 4 tahun, atau tepatnya setelah ia mendapatkan pangkat Penata Muda Tk.I (III-b), Adi diberi amanah memegang jabatan eselon IV menjadi Kasubbag Umum Pemerintahan tahun 1997.

Bahkan, pascapecahnya reformasi dan runtuhnya era orde baru, ia diberi kepercayaan menjadi Kasubbag Agraria dari tahun 1999 hingga 2002. Kala itu, Kabupaten Bintan yang masih bernama Kabupaten Kepri Provinsi Riau di pimpin oleh Bupati Kolonel Caj (Purn.) H. Abdul Manan Saiman.

Tak sampai di situ, karir Adi semakin cemerlang. Ia dikenal pandai dan mudah bergaul dengan semua lapisan masyarakat, khususnya masyarakat di Perdesaan.

Sepanjutnya, Adi diberi amanah menjadi Camat di beberapa tempat. Mulai dari Camat Gunung Kijang, Camat Teluk Sebong hingga Camat Bintan Utara.

Pengalamannya menjadi Camat, semakin meningkatkan potensi Adi tentang makna sebuah pengabdian. Ia paham betul, sebagai aparatur sipil, harus menggunakan anggaran dengan sebaik-baiknya. Jangan pernah melukai hati rakyat.

Adi pun dipercaya menjadi Kabag Perlengkapan tahun 2004. Bahkan ia menjadi pejabat eselon III yang lumayan lama di DPPKAD Bintan, mulai dari Kabid Aset (2005-2006), Kabid Pembiayaan (2006-2007), Sekretaris BPKKD(2007-2009) dan Sekretaris DPPKAD (2009-2012).

Artinya, Adi telah mendalami urusan keuangan daerah tidak kurang dari 7 tahun. Sehingga wajar jika ia pun kerap disebut bapaknya pengelolaan anggaran di Kabupaten Bintan.

Namun demikian, babak baru menjadi pejabat eselon II akhirnya tiba. Adi Prihantara yang kala itu berusia 47 tahun diberi amanah oleh Bupati Bintan Ansar Ahmad, untuk menjadi Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut). Tepatnya pada tahun 2012 hingga 2014.

Sebagai Kepala Dinas yang baru menjabat, Saya sangat bangga pernah menjadi bagian dalam karirnya, Adi Prihantara. Tahun 2013, ketika Saya yang saat itu masih bujang dan baru 3 tahun menjadi PNS di Distanhut, diberi amanah sebagai Kasubbag Penyusunan Program, menjadi staf beliau. Menjadi seorang anak yang pernah mendapat pembinaan yang sangat baik dari beliau.

Sehingga wajar, ketika Adi mutasi dari Distanhut untuk dilantik menjadi Kepala Bappeda Bintan tahun 2014, kami merasa kehilangan.

Namun, kami bersyukur, Sosok yang “bersahaja” itu mengabdi di tempat yang lebih besar dan luas. Menjadi pimpinan di Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah.

Setelah itu karir Adi semakin berkibar. Ia kemudian menjadi Kepala DPPKAD (2014-2016) dan Asisten Administrasi Umum (2017), sebelum akhirnya ia dilantik menjadi Sekda Definitif.

Pengambilan sumpah dan pelantikan kala itu dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, pada Selasa (10/10/2017) oleh Bupati Bintan, Apri Sujadi.

Kini, setelah kurang lebih 5 tahun menjadi Sekda Bintan, Adi Prihantara kembali diberikan tugas yang lebih luas untuk mengemban amanah sebagai pejabat eselon Ib, menjadi Sekda Provinsi Kepri.

Selamat mengemban amanah yang baru Pak!. Semoga Kepri dibawah Kepemimpinan Gubernur H. Ansar Ahmad, SE, MM dan Wagub Marlin Agustina serta Sekda, Drs. Adi Prihantara, MM akan menjadi daerah yang Makmur, Berdaya saing dan berbudaya. Semoga!.***



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini