Beranda Headline

Mei 2021 Kasus Covid-19 di Kepri Naik 10 Kali Lipat, Dinkes Curigai Ada Varian Baru

1
Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Kepri, M Bisri-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Kepri, M Bisri menyatakan, kasus konfirmasi Covid-19 di Provinsi Kepri saat ini naik cukup tajam.

Bisri pun meminta kepada masyarakat untuk semakin waspada agar tidak terinfeksi virus tersebut.

“Kondisi ini dicurigai karena dari varian baru yakni B117,” katanya, Sabtu (8/5/2021) kemarin.

Ia menjabarkan, di pertengahan Maret kasus positif Covid-19 di Provinsi Kepri di angka 100-200 kasus. Namun, sejak awal Mei 2021 kasus positif Covid-19 di Kepri sudah tembus 1.654 kasus.

“Berartikan ada kenaikan hampir 10 kali lipat. Ini ditengarai karena varian baru itu. Karena salah satu ciri varian baru ini penyebarannya yang cepat,” jelasnya.

Sejauh ini pihaknya, tengah menelusuri untuk memastikan penyebab kenaikan kasus positif Covid-19 di Provinsi Kepri belakangan ini apakah benar berasal dari varian baru tersebut.

“Sudah ada beberapa sampel yang kita kirim, seperti dari Tanjungpinang, Batam, dan juga PMI. Sekarang kita sedang menunggu hasilnya,” tuturnya.

Untuk diketahui varian baru Covid-19 B117 pertama kali ditemukan di Inggris. Selain dapat menyebar dengan cepat. Ciri-ciri lain dari varian ini yakni penderita akan mengalami batuk terus-menerus, cepat lelah, mengalami nyeri otot.

Kemudian, pasien yang terinfeksi varian jenis baru ini juga akan merasakan sakit tenggorokan, hingga demam.(kar)

Loading...


1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here