Beranda Headline

Mau Tanya Soal KB, Kini Cukup Lewat Aplikasi Si Puspa Gatra

0
Pelucuran aplikasi Si Puspa Gatra oleh Sekdaprov Kepri Arif Fadillah

TANJUNGPINANG (HAKA) – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) meluncurkan aplikasi, untuk mempermudah pemberian pelayanan informasi seputar KB dan kesehatan keluarga.

Melalui aplikasi yang diberi nama Si Puspa Gatra itu, diharapkan dapat menjawab tantangan dalam memberikan informasi seputar KB dan kesehatan di Provinsi Kepri yang kondisi geografisnya 96 persen terdiri dari lautan.

“Aplikasi Si Puspa Gatra ini terinsiprasi dari kondisi demografi Kepulauan Riau yang terdiri sekitar 2400 pulau. Sehingga, harus ada aplikasi yang mampu menjangkau saudara-saudara kita di sana, untuk memperoleh berbagai informasi seputar program BKKBN di Kepri,” ujar Plt. Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Kepri Syaifudin usai peluncuran aplikasi tersebut di Hotel CK, Kota Tanjungpinang, Selasa (28/8/2018) lalu.

Dipaparkannya, melalui aplikasi itu seluruh masyarakat dapat menyampaikan seluruh keluhan seputar KB. Selain itu, masyarakat juga dapat bertanya seputar masalah psikolgis, kesehatan reproduksi, dan pra nikah.

“Semua keluhan itu bisa disampaikan secara online melalui aplikasi Si Puspa Gatra 1×24 Jam. Semuanya akan dijawab langsung oleh tenaga ahli masing-masing, seperti masalah psikolog akan dijawab pula oleh ahli psikolog,” jelasnya.

Untuk dapat menikmati layanan ini, masyarakat kata dia hanya tinggal mengunduh aplikasi tersebut di google play store. Setelah peluncuran ini pihaknya akan terus melakukan sosialisasi secara masif ke masyarakat terkait dengan penggunaan serta keunggulan aplikasi ini.

Sementara itu, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah menyambut baik peluncuran aplikasi Si Puspa Gatra. Ia berharap aplikasi ini dapat mendorong terwujudnya informasi yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

“Kita berharap melalui aplikasi yang digagas BKKBN Kepri ini, seluruh program pemerintah pusat terlebih perihal program Keluarga Berencana maupun Pembangunan Keluarga, dapat tersebar secara adil dan merata bagi masyarakat di Provinsi Kepulauan Riau,” sebutnya.

Peluncuran aplikasi tersebut juga disejalankan dengan kegiatan Review Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Provinsi Kepri Tahun 2018.(kar)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here