Beranda Headline

Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur, Bisa Buat Suasana Hati Senang

0
Foto ilustrasi: Seorang wanita yang sedang minum air putih-f/istimewa-net

MINUM air putih adalah salah satu praktik yang paling sering disarankan setelah bangun tidur. Praktik sederhana ini memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Air adalah komponen penting yang menyumbang 50-60 persen komposisi tubuh Anda. Air memiliki beberapa kegunaan dalam tubuh. Antara lain, melancarkan pencernaan, menjaga keseimbangan suhu tubuh, dan membantu ginjal dalam membersihkan limbah dari tubuh.

Secara umum, semua organ tubuh memerlukan air agar dapat berfungsi secara efektif. Itu sebabnya kita harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup. Salah satu waktu terbaik untuk minum air adalah ketika bangun tidur.

Lalu apa saja manfaat minum air putih setelah bangun tidur ?. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Mengontrol Keinginan Makan
Saat bangun tidur, kita mungkin sering merasa lapar. Hal ini biasa terjadi karena perut kosong sepanjang malam. Meski begitu, rasa lapar bisa menyebabkan makan berlebihan saat sarapan.

Minum air setelah bangun tidur mungkin membantu menahan keinginan untuk makan berlebihan. Sebab, mengonsumsi air putih akan mengisi lambung, dan meregangkan dinding lambung sehingga menimbulkan dampak kenyang.

2. Menghilangkan Racun dari Dalam Tubuh
Minum air putih setelah bangun tidur memiliki manfaat tambahan, yaitu membuang limbah berbahaya dari metabolisme tubuh dari malam sebelumnya. Racun tersebut pada akhirnya akan dikeluarkan melalui urin.

3. Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Cantik
Minum air setelah bangun tidur mungkin dapat membantu tubuh dan kulit tetap terhidrasi. Padahal, perilaku tersebut disebut dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan menjaga kelembapan wajah.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Minum air putih setelah bangun tidur juga disebut dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori. Beberapa ahli bahkan merasa bahwa perilaku ini akan membantu menurunkan berat badan.

Baca juga:  Ruang Operasi RSUD Natuna Terbakar, Pasien ICU dan UGD Dievakuasi

5. Meningkatkan Produktivitas
Minum air putih setelah bangun tidur dapat meningkatkan energi dan membuat tubuh terasa segar. Dengan begitu, akan lebih produktif.

Namun perlu diingat bahwa kita juga memerlukan asupan kalori sebagai sumber energi yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan bergizi untuk sarapan.

Selain itu, agar tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari, minumlah air putih minimal 8 gelas setiap hari. Jika tubuh terhidrasi dengan cukup, rasa pusing saat bangun tidur bisa diatasi dan lebih fokus serta lebih mudah berkonsentrasi sehingga produktivitas kerja pun akan meningkat.

6. Meningkatkan Suasana Hati
Manfaat minum air putih setelah bangun tidur juga dapat memberikan efek positif terhadap suasana hati. Hal ini didukung oleh hasil penelitian berjudul Effects of Changes in Water Intake on Mood of High and Low Drinkers yang menunjukkan bahwa asupan air yang cukup dapat meningkatkan suasana hati seseorang, menjadi lebih bahagia, senang.

Pada penelitian yang sama juga ditemukan bahwa penurunan asupan air putih pada orang yang terbiasa minum air putih dalam jumlah banyak memberikan efek negatif terhadap suasana hatinya.

Jenis-Jenis Air Putih

Agar manfaat minum air putih setelah bangun tidur dapat diperoleh secara maksimal, Anda perlu mengetahui dulu jenis-jenis air minum yang tersedia di pasaran dan perbedaannya:

a. Air mineral, yaitu air yang didapat dari sumber mata air pegunungan, sehingga kaya akan mineral. Kandungan mineral di dalam air bermanfaat untuk kesehatan, seperti membantu metabolisme tubuh, mendukung fungsi ginjal, dan membantu pembentukan sel dan enzim. Air mineral memiliki pH antara 6 โ€“ 8,5.

b. Air demineral, yaitu air yang hampir tidak mengandung mineral karena sudah berkali-kali melewati proses Air putih jenis ini biasanya memiliki pH antara 5 โ€“ 7,5.
Air alkali, yaitu jenis air yang telah melalui proses ionisasi atau elektrolisis dan biasanya mengandung pH yang lebih tinggi (8,5 โ€“ 9,97). (arp)

Baca juga:  Pendaftaran Tutup, Pemko Akan Gunakan Sekolah untuk Ujian CPNS
example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini