Beranda Daerah Bintan

Madu Kelulut Berkhasiat Tinggi

0
Kelulut

BINTAN (HAKA) – Mungkin belum banyak yang tahu dengan kelulut. Kelulut termasuk keluarga lebah tapi tidak memilki sengat dan ukurannya lebih kecil. Hewan kecil ini juga menghasilkan madu dan bisa diternakkan. Madu yang dihasilkan rasanya asam-asam manis, dan madu kelulut disebut mempunyai khasiat yang lebih tinggi dibandingkan dengan madu lebah biasa.

Di Desa Lancang Kuning, Bintan, kelulut sudah diternakkan. Usaha ternak kelulut ini dilakukan oleh Thalib di halaman rumahnya, setelah mempelajari cara beternak kelulut di Malaysia. Di halaman rumahnya, Thalib membuat kandang kandang kecil ukuran 30 x 30 sentimeter berjumlah sekitar 30 buah.

Usaha beternak kelulut itu sudah dijalankan sejak beberapa tahun lalu dan menghasilkan pendapatan yang lumayan. Sekali panen satu kotak penuh, dapat dihasilkan sekitar 1 kg madu kelulut. Hj Deby Apri Sujadi, Ketua TP PKK Bintan yang meninjau lokasi peternakan kelulut, Kamis pekan lalu, kaget dengan usaha yang dilakukan Thalib. Deby juga kagum dan menurutnya usaha Thalib ini bisa jadi contoh bagi warga lainnya. (eci)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here