Beranda Headline

LAM Kepri Sepakat, Arung Birawa Jadi Nama Stadion di Dompak

0
Stadion sepak bola di Dompak. LAM Kepri menyepakati nama Arung Birawa sebagai nama stadion tersebut-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri memutuskan, Arung Birawa sebagai nama stadion sepak bola di Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang.

“Hasil kesepakatan LAM, dari tiga nama yang diusulkan kemarin, Biram Dewa, Arung Birawa, dan Sri Tri Buana, kami memutuskan Arung Birawa sebagai nama stadion itu,” kata LAM Kepri, Abdul Razak, saat dihubungi, Rabu (26/8/2020).

Lebih lanjut ia menyampaikan, rencananya peresmian nama stadion itu, akan dilakukan bertepatan dengan hari jadi Provinsi Kepri ke -18 pada 24 September 2020 mendatang.

Terpisah, Kepala Bidang Sarana dan Prasaran Dispora Provinsi Kepri, Bambang Swastiyo menyampaikan, rencanya pemberian nama dan peresmian stadion itu akan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

“Kita sudah melayangkan surat undangan ke Menpora Zainudin Amali untuk turut hadir pada kegiatan itu,” ujarnya.

Budayawan Kepri, Abdul Malik menyampaikan, Arung Birawa merupakan tokoh yang dikenal gagah berani, dalam memimpin perang melawan Belanda pada 1820.

Arung Birawa kata dia, merupakan orang yang mengusulkan agar perkampungan orang Bugis yang waktu itu berada di Jalan Teuku Umar, Kota Tanjungpinang ke Senggarang.

“Sekarang tempat itu, yang kita kenal dengan nama Kampung Bugis,” jelas Dekan FKIP UMRAH ini.

Pembangunan stadion Dompak menghabiskan, anggaran sebesar Rp 42 miliar.

Stadion yang terletak persis di tengah-tengah Pusat Pemerintahan Provinsi Kepri ini diselesaikan selama dua tahun anggaran. Yakni dimulai pada 2018 dan rampung diakhir 2019.(kar)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here