Beranda Headline

Kunker ke Batam dan Bintan, Menparekraf: Kedua Wilayah Sudah Siap Dijadikan Prototype Travel Bubble

0

TANJUNGPINANG (HAKA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno memastikan jika travel bubble Batam, Bintan – Singapura (BB-S) akan segera dibuka dan telah disetujui oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Pembukaan akan dilakukan tanggal 24 Januari 2022, bersamaan dengan pengumuman resmi dari Menko Perekonomian Airlangga Hartarto,” katanya, di Kampus Batam Tourism Polytecnic (BTP) Tiban, Kota Batam, Jumat (21/1/2022).

Lebih lanjut ia mengutarakan, saat ini Pemerintah terus mematangkan teknis pelaksanaan arus kedatangan dan kepulangan wisatawan. “Termasuk membicarakan dengan pemerintah negara Singapura,” jelasnya.

Sandi juga menyampaikan, sejauh ini, dari hasil pemantauannya, kedua wilayah yang akan dijadikan prototype travel bubble, yakni Lagoi dan Nongsa sudah sangat siap. Seperti telah memiliki Lab Tes Cepat Molekuler (TCM) yang terkoneksi ke aplikasi PeduliLindungi.

Selain mengunjungi Batam dan Bintan, Sandiaga melengkapi kunjungan kerja (kunker) nya di Kepri dengan berkunjung ke pulau Penyengat, Tanjungpinang, pada Sabtu (22/01). Di pulau Penyengat, Sandiaga Uno mengunjungi Mesjid Raya Sultan Riau dan berziarah ke makam Engku Putri.

Sandiaga mengaku sangat terkesan dengan kandungan nilai-nilai sejarah, budaya, dan spiritualitas yang ada di pulau Penyengat.

“Ini adalah salah satu ikon pariwisata halal yang kita kedepankan dan ternyata produk-produk ekonomi kreatifnya punya potensi untuk kita kembangkan,” kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, pulau Penyengat sebagai pariwisata halal tidak terlepas dari fakta bahwa Penyengat pernah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Riau-Lingga. Sehingga hal itu bisa menjadi aspek sejarah religi yang kuat.

Kedepannya, Sandiaga memproyeksikan akan mengembangkan pulau Penyengat sesuai dengan prinsip 3S, yaitu Spritual, Serenity, and Sustainability.

Sementara itu, Gubernur Ansar yang mendampingi Menparekraf selama kunker mengungkapkan jika Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau sudah merencanakan berbagai penataan untuk memperindah pulau Penyengat.

“Semoga ketika pak menteri nanti berkunjung lagi ke pulau Penyengat sudah jauh lebih indah dari yang sekarang,” ujar Gubernur Ansar. (kar)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini