Beranda Headline

Kunjungan Perpus Meningkat, Ternyata Disdik Wajibkan Siswa Berkunjung

0
Kadis Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Wan Samsi

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Wan Samsi menyampaikan, bahwa angka kunjungan pelajar dan masyarakat ke perpustakaan umum daerah Kota Tanjungpinang melonjak naik, dan melebihi target yang ditentukan pemerintah pusat.

Sampai saat ini, kata Wan Samsi, kunjungan ke perpustakaan tercatat sebanyak 38.000 pengunjung, melebihi target tahun 2018 yakni 30.000 pengunjung.

“Pengunjung ke perpustakaan dari berbagai kalangan, dan lebih didominasi oleh pelajar dan mahasiswa,” ungkapnya, kepada hariankepri.com, saat ditemui di Kantor DPRD Kota Tanjungpinang.

Melonjaknya pengunjung ini, sambung dia, karena pihaknya banyak melakukan terobosan, yang bertujuan meningkatkan minat baca di perpustakaan Tanjungpinang.

“Seperti inovasi rumah baca pantai yang terletak di belakang kantor perpustakaan, ini juga menjadi salah satu upaya meningkatkan generasi literasi yang gemar ke perpustakaan,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Wan Samsi, pihaknya juga menandatangani MoU bersama Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, dalam hal meningkatkan kunjungan serta meningkatkan minat baca bagi pelajar.

Dalam kesepakatan itu, sekolah yang ada di Kota Tanjungpinang mewajibkan mengarahkan anak didiknya, berkunjung ke perpustakaan usai pulang sekolah.

“Bagi pelajar yang ingin datang ke Perpustakaan, kami menyediakan fasilitas antar jemput ke sekolah untuk pelajar. Dan pustakawan kita juga mendatangi sekolah-sekolah yang jauh,” imbuhnya.

Untuk saat ini, lanjutnya, koleksi jumlah judul sekitar 10 ribu dan ada sebanyak 30 ribu buku di perpustakaan. Diharapakan ke depanya bisa menambahk koleksi buku lagi.

“Kita buka perpustakaan dengan rentang waktu yang lebih panjang, yakni mulai pukul 08.00-21.00 WIB,” tutupnya. (zul)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here