Beranda Headline

Kasusnya Sedang Ditelusuri Kejari Pinang, BUMD Malah Kemalingan Dokumen

1
Suasana Kantor PT TMB BUMD Kota Tanjungpinang, setelah kemalingan sejumlah dokumen dan laptop-f/masrun-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Kajari Tanjungpinang Ahelya Abustam, melalui Kasi Intelijen Bambang Heri Purwanto mengatakan, pihaknya sedang melakukan penyelidikan pulbaket dan puldata terkait dugaan penyalahgunaan pengelolaan keuangan di PT Tanjungpinang Makmur Bersama (TMB) BUMD Kota Tanjungpinang, untuk tahun 2017-2019.

“Penanganan perkara di BUMD PT TMB, terus berjalan dan sampai saat ini Tim Penyidik Intel Kejari Tanjungpinang terus melakukan pemanggilan para pihak terkait,” ucap Bambang, Selasa (2/2/2021).

Pemanggilan itu sambung Bambang, untuk memberikan keterangan, tentang dugaan penyalahgunaan keuangan BUMD Kota Tanjungpinang tersebut.

Hingga kini, Penyidik Kejari Tanjungpinang telah melakukan pemeriksaan terhadap belasan orang di lingkup PT TMB BUMD.

Di antaranya, eks dewan komisaris, eks direktur utama serta direktur, kepala divisi keuangan dan bendahara umum.

“Sampai saat ini, yang sudah kami lakukan mintai keterangan lebih dari 10 orang,” terangnya.

Jika penyidik masih membutuhkan keterangan lebih lanjut untuk menentukan perkara pidananya, pihaknya akan memanggil manajemen BUMD.

“Guna menggali keterangan-keterangan tersebut untuk mencari ada tidak adanya unsur pidana,” tuturnya.

Berkaitan pembobolan Kantor PT TMB BUMD Kota Tanjungpinang hari ini. Bambang menegaskan, tidak mempengaruhi proses pulbaket dan puldata yang sedang berlanjut di Kejari Tanjungpinang.

“Untuk proses penggeledahan di Kantor BUMD kan ditingkat penyidikan di bagian Pidana Khusus nanti. Itupun nanti dilihat perkembangannya,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur PT TMB BUMD Kota Tanjungpinang Irwandy mengatakan, sejumlah ruangan telah diobrak-abrik oleh orang tak dikenal baik di lantai 1 hingga lantai 3, Kantor PT TMB, di Jalan Basuki Rahmat, Kota Tanjungpinang.

Menurut Irwandy, ruangan yang diobrak-abrik dengan cara dicongkel itu yakni, mulai ruangan direktur utama hingga ruangan bagian keuangan.

Hasilnya, pelaku membawa 2 unit laptop dan sejumlah dokumen penting di Ruangan Keuangan di Lantai 1. Laptop itu, kata Irwandy, milik Manager Keuangan dan milik Kepala Divisi (Kadiv) Keuangan BUMD Kota Tanjungpinang.

“Pelaku cungkil dan merusak pintu ruangan pelayanan,” ucap Irwandy saat dikonfirmasi di lokasi kejadian, Selasa (2/2/2021). (rul)

Loading...


1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here