Beranda Headline

Jelang Akhir Triwulan I, Pj Sekdaprov Klaim Realisasi dan Serapan APBD Sudah Baik

0
Pj Sekdaprov Kepri, Eko Sumbaryadi saat memimpin rapat bersama Kepala OPD di lingkungan Pemprov Kepri-f/istimewa-pemprov kepri

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pj Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri, Eko Sumbaryadi, menyampaikan, memasuki pekan ketiga Maret 2022, realisasi pendapatan Pemprov Kepri di tahun anggaran 2022 secara persentase telah mencapai 13,65 persen.

Menurut Eko yang juga Kepala Dinas Sosial Kepri ini bahwa, capaian itu mengalami peningkatan, bila dibandingkan dengan pekan kedua Maret 2022.

“Ini menunjukkan keuangan kita cukup baik pada triwulan pertama, di mana realisasi pendapatan sudah jauh lebih di atas realisasi penggunaan anggaran yang sudah kita lakukan,” katanya, Selasa (22/3/2022).

Sementara itu lanjut Eko, untuk realisasi pekerjaan fisik dan keuangan Pemprov Kepri sampai pekan ketiga Maret 2022 ini, terealisasi sebesar 3,75 persen untuk fisik, dan 5,26 persen untuk realisasi keuangan.

“Seminggu yang lalu realisasi fisik tercapai 3,54 persen, saat ini sudah mencapai 3,75 persen yang berarti ada peningkatan sebesar 0,21 persen. Untuk realisasi keuangan minggu lalu tercapai 4,97 dan saat ini sudah mencapai 5,26 persen yang menunjukkan sudah ada peningkatan sebesar 0,21 persen dari minggu lalu,” jelasnya.

Meskipun begitu kata Eko, menjelang berakhirnya triwulan I tahun anggaran 2022 ini, masih ada sejumlah OPD yang realisasi anggarannya tergolong masih rendah.

Dari total 36 OPD di Pemprov Kepri, sambungnya, beberapa di antaranya sudah melakukan realisasi belanja yang melebihi dari target yang direncanakan. Seperti, misalnya, Dinas Pendidikan dengan target 10 persen tapi sudah terealisasi sebanyak 14 persen.

“Untuk realisasi fisik masih ada OPD yang belum tercapai sesuai dengan target,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Eko pun mendorong OPD yang realisasi fisik dan keuangannya masih di bawah target bisa mengejar target yang telah ditetapkan.

“Mudah-mudahan pada awal April nanti sudah ada progres yang lebih bertambah persentasenya,” harapnya.

Selain itu, Eko juga berharap kepada seluruh OPD yang melaksanakan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik untuk segera menyiapkan pelaksanaan DAK fisik tersebut.

“Rencananya dalam minggu ini dari Pemprov Kepri akan melakukan evaluasi terhadap seluruh OPD yang melaksanakan kegiatan DAK fisik,” pungkasnya.(kar)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini