Beranda Headline

Jajaki Kerja Sama Budaya dan Ekraf, Komisi II DPRD Kepri Kunker ke Sumbar

0
Jajaran Komisi II DPRD Kepri dan Sekdispar Kepri, Zulkifli ketika kunker di Dispar Provinsi Sumbar, Senin (8/7/2024)-f/zulfikar-hariankepri.com

PADANG (HAKA) – Komisi II DRPD Kepri melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sumatera Bara (Sumbar), Kota Padang, Senin (8/7/2024).

Ketua Komisi II DPRD Kepri, Wahyu Wahyudin yang memimpin kunker itu menyampaikan, kunjungan tersebut bertujuan menjajaki peluang kerja sama antara Provinsi Kepri dan Provinsi Sumbar.

“Kerja sama itu terkait dengan kebudayaan, ekraf, dan destinasi yang ada di Sumatera Barat,” katanya, kepada hariankepri.com.

Politisi PKS ini mengutarakan, dalam kunker yang juga dipaparkan, jika Provinsi Kepri terutama Kota Batam, tingkat kunjungan pariwisatanya cukup lumayan tinggi sampai di angka 2 juta lebih di tahun 2023.

Sementara itu, disisi lain, warga Sumatera Barat di Kota Batam cukup banyak, sehingga diharapkan Pemprov Sumbar dapat menampilkan pagelaran budaya di Kota Batam.

“Salah satunya yang bisa ditampilkan di Kota Batam atau Provinsi Kepulauan Riau,” ucap Wahyu yang juga didampingi Sekretaris Dispar Kepri, Zulkifli.

Dalam pertemuan itu, Dispar Sumbar juga meminta agar bisa dipromosikan juga paket-paket wisata Sumbar di Kota Batam atau di Provinsi Kepri.

“Sebaliknya, di Provinsi Kepri harus ada paket-paket kerja sama di Sumatera Barat. Harapan ke depan sama-sama berbenah, karena memang di Sumatera Barat ini destinasi wisatanya cukup banyak, dan ini luar biasa,” paparnya.

Kemudian, diharapkan ada juga paket wisata ke Kepulauan Mentawai, yang bisa dijangkau oleh masyarakat dan para wisatawan lokal maupun mancanegara yang ada di Kota Batam.

“Karena ke Kepulauan Mentawai sudah ada pesawat Susi Air. Dari Batam ke Sumatera Barat kalau harga tiket Rp 750 ribu, kemudian dari Padang ke Mentawai itu harga tiketnya Rp 750 ribu, maka sekitar Rp 1,5 juta rupiah sudah bisa ke Mentawai,” paparnya.

Baca juga:  Polda Kirim 1 Peleton Tim Kemanusiaan Tangani Korban Banjir Tambelan

Wahyu mengharapkan wisata religi ditingkatkan lagi kerja sama antara Provinsi Kepri dan Sumatera Barat, sekaligus wisata edukasi pendidikan, edukasi pertanian, dan edukasi perkebunan.

“Kami juga mendorong wisata kuliner yang ada di Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Kepulauan Riau,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kunker itu, Sekretaris Komisi II DPRD Kepri, Sahat Sianturi, Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kepri, Rudy Chua, Muhaimin Nasution, Ery Suandy, Eis Aswati.(kar)

example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini