Beranda Headline

Golkar, PDIP dan Partainya Gubernur Telah Daftarkan Calegnya

0
Partai Golkar Kepri usai mendaftar ke KPU Kepri, Senin (16/7/2018

TANJUNGPINANG (HAKA) – Sehari jelang penutupan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada Pemilu 2019. Tiga partai politik (parpol) secara resmi telah memasukkan berkas pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri, Senin (16/7/2018).

Ketiga parpol tersebut yakni Partai Golkar, PDI Perjuangan dan partai yang dipimpin oleh Gubernur Nurdin Basirun, yaitu Partai Nasdem

Ketua DPD I Golkar kepri, Ansar Ahmad menegaskan, di hari yang sama partai pimpinan Airlangga Hartanto itu secara serentak memasukan berkas pendaftaran bacalag untuk seluruh DPRD Kabupaten/Kota dan DPRD Provinsi Kepri.

“Serentak kita masukan pendaftaran, dengan kuota 100 persen semuanya,” ujarnya.

Mantan Bupati Bintan ini juga menyebut, Partai Golkar juga telah melebihi ambang batas untuk keterwakilan perempuan sebagaimana yang disyaratkan dalam PKPU.

Sementara itu Ketua DPD PDI Perjuangan Kepri Soerya Respationo di tempat yang sama menyampaikan, keputusan PDIP memasukkan berkas pendaftaran jelang penutupan, disebabkan karena PDIP benar-benar ingin memastikan seluruh berkas yang akan diajukan sudah sesuai dengan PKPU.

“Salah satunya keterwakilan perempuan minimal 30 persen, kita memasukkan 42,5 persen. Alhamdulillah, seluruhnya sudah lengkap,” sebutnya.

Mengenai, dimasukannya nama Lis Darmansyah sebagai salah satu bacaleg, pria yang akrab disapa Romo ini mengatakan, menurut penilaian DPD PDIP Kepri, Lis Darmansyah masih sangat berpotensi untuk mendulang suara banyak di Pileg 2019, meskipun Lis Darmansyah sempat gagal di Pilwako.

“Alhamdulillah disetujui oleh DPP. Selain dia ada juga senior-senior yang kita usulkan seperti Pak Tawarich, dan seluruh incumbent semuanya kita usulkan. Karena mereka sudah punya modal awal,” tuturnya.

Sementara itu Komisioner KPU Provinsi Kepri Arison menyampaikan, Partai NasDem merupakan parpol pertama yang memasukkan berkas pendaftaran untuk bacaleg DPRD Provinsi Kepri di Pemilu 2019 ini.

“Partai Nasden datang sekitar pukul 9.30 pagi yang memasukkan berkasnya pak Iwan Krisnawan. Kemudian Partai Golkat pukul 15.30 dan PDI Perjuangan 15.55,” terangnya.

Mengenai, nama Boby Jayanto yang diusulkan Partai NasDem dalam pendaftran tersebut. Pria yang duduk di Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Kepri menyebut tidak ada.

Arison juga menyampaikan, ketiga parpol tersebut seluruhnya memasukkan kuota 100 persen saat mendaftarkan bacalegnya.

Setelah berkas tersebut masuk, KPU Provinsi Kepri akan langsung melakukan penelitian kelengkapan seluruh persyaratan bacaleg yang dimasukkan.

Jika dalam verifikasi itu ada ditemui kesalahan ataupun kekurangan, pihaknya akan segera meminta parpol untuk segera melengkapi dan memperbaiki hal tersebut. (kar)

example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here