Beranda Headline

Empat Wanita Tangguh Penguasa Ibu Kota Kepri

0

TANJUNGPINANG (HAKA) – Bukan karena faktor kebetulan atau rekayasa. Tapi takdir Allah SWT menjadikan Kota Tanjungpinang sebagai daerah majemuk, yang kini dipimpin oleh empat wanita tangguh.

Mereka adalah Plt Wali Kota, Rahma. Ketua DPRD, Yuniarni Pustoko Weni, Ketua PKK Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tanjungpinang, Ahelya Abustam.

Menariknya, keempat wanita superior ini, juga tangguh di bidangnya masing-masing. Ada Rahma yang menjadi panglima di eksekutif, lalu Weni sebagai politisi kawakan memimpin lembaga legislatif.

Selanjutnya, Juwariyah Syahrul yang masih piawai dalam urusan sosial, serta kesejahteraan keluarga, dan Ahelya sang penegak hukum di Tanjungpinang.

Rahma. Wakil Wali Kota Tanjungpinang hasil Pilkada Tahun 2018 ini, sekarang menjadi orang nomor satu, setelah meninggalnya mantan Wali Kota, Alm Syahrul.

Perjalanan karir politik Rahma pun, bukan sekejap mata. Dua kali pindah partai, dan pernah duduk sebagai legislator Tanjungpinang, membuat Rahma sebagai salah satu tokoh perempuan di Provinsi Kepri, yang patut diperhitungkan.

Kini, Rahma yang masih berstatus Pelaksana Tugas (Plt), akan ditetapkan sebagai wali kota definitif. Hal ini juga yang akan menjadikan Rahma, sebagai perempuan kedua sebagai Wali Kota Tanjungpinang.

Yuniarni Pustoko Weni. Istri Lis Darmansyah ini tidak diragukan lagi, untuk urusan politik. Ditempa 5 tahun sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kepri, lalu menjadi orang nomor satu di PDIP Tanjungpinang, membuat Weni layak menjadi Ketua DPRD.

Bahkan, Weni mencatatkan sejarah baru di Kota Gurindam ini, sebagai perempuan pertama yang menjadi ketua lembaga legislatif.

Ketiga, Juwariyah Syahrul. Kendati duka kehilangan Alm Syahrul masih menyelimutinya, namun ibu 3 anak ini tetap menjadi role model untuk urusan kesejahteraan keluarga.

Demikian pun halnya dengan bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan kerajinan daerah yang masih menjadi perhatiannya.

Yang terakhir ada Ahelya Abustam. Wanita tangguh yang satu ini, juga menorehkan sejarah baru di Provinsi Kepri, termasuk di Tanjungpinang.

Ahelya adalah perempuan pertama yang memimpin lembaga kejaksaan, Kejari Tanjungpinang. Dan pada Agustus 2020 mendatang, Ahelya genap dua tahun menjabat Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungpinang. (fik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here