Beranda Headline

Direksi BUP Kepri Akan Diganti, Gubernur Ansar Siapkan Plt untuk Sementara Waktu

0
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad-f/istimewa-humprohub kepri

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pemprov Kepri dalam waktu dekat, akan membuka lowongan untuk mengisi posisi Direktur PT Pelabuhan Kepri yang masa jabatannya akan berakhir pada, Jumat (9/4/2021) pekan depan.

Seperti diketahui, PT Pelabuhan Kepri didirikan berdasarkan Perda Nomor 2 Tahun 2013 tentang pembentukan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Pelabuhan Kepri.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyampaikan, saat ini mereka tengah melakukan pembahasan, untuk pembentukan tim panitia seleksi (pansel) untuk proses seleksi pengisian jabatan tersebut.

“Pansel ini nanti akan melakukan uji kelayakan dan kompetensi para calon nantinya. Sambil pansel ini dibentuk dan pansel itu nantinya bekerja, untuk sementara waktu Direktur PT Pelabuhan Kepri akan kita Plt-kan,” katanya, Selasa (30/3/2021).

Ansar melanjutkan, dalam melakukan seleksi nanti, ia akan meminta kepada Tim Pansel untuk melakukan uji kompetensi dengan ketat dan profesional.

Sebab, ke depan ia menginginkan, orang yang nantinya akan memimpin PT Pelabuhan Kepri, adalah orang yang benar-benar profesional dan dapat memberikan kontribusi bagi pendapatan Pemprov Kepri.

“BUMD ini harus dikelola oleh orang yang profesional, tidak boleh sambilan mesti orang yang fokus untuk mengelola itu,” tegasnya.

Sejak dibentuk pada 2013 lalu, saat ini jumlah penyertaan modal Pemprov Kepri kepada PT. Pembangunan Kepri sebesar Rp 25 miliar, yang direalisasikan secara bertahap di 2014 dan 2015 lalu.

Komposisi kepemilikan modal PT Pelabuhan Kepri adalah 99.90 persen oleh Pemerintah Provinsi Kepri dan 0,10 persen oleh Koperasi Tuah Amanah Bintan.

Pada tahun 2020 yang lalu, PT Pelabuhan Kepri telah menyetorkan PAD sebesar Rp. 3.414 miliar yang diperoleh dari hasil pemanfaatan Barang Milik Daerah Kapal MV. Lintas Kepri.

Adapun jajaran direksi PT Pelabuhan Kepri saat ini yakni, Capt Darmansyah sebagai direktur utama sekaligus direktur operasional serta Windrasto Guntoro selaku direktur keuangan, yang dilantik oleh Gubernur Nurdin Basirun di Gedung Daerah, pada 9 April 2018 lalu.(kar)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here