Beranda Headline

Di Kepemimpinan Wako Rahma, Solusi untuk Atasi Banjir di Jalan Pemuda Mulai Dibangun

0
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma saat meninjau lokasi pembangunan Polder Pemuda, Rabu (10/2/2021)-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Tak lama lagi di Tanjungpinang akan dibangun Polder atau sejenis kolam untuk mengatasi masalah banjir, di wilayah Kelurahan Tanjung Ayun Sakti, Gang Natuna.

Polder atau kolam ini baru berhasil direalisasikan pada tahun ini, atau di zaman kepemimpinan Wali Kota, Rahma.

Pembangunan itu akan dimulai pada Februari 2021 ini. Demikian disampaikan Wali Kota Tanjungpinang, Rahma saat meninjau lokasi Polder yang diberi nama Polder Pemuda ini bersama Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWS) IV.

Menurut Rahma, pembangunan Polder ini sudah lama menjadi impian seluruh masyarakat, terutama warga Jalan Pemuda dan wilayah sekitarnya, atau lokasi yang sering terjadinya banjir.

“Sudah hampir 10 tahun banjir sering terjadi. Bukan hanya karena air hujan bahkan air pasang pun terjadi kebanjiran. Alhamdulillah akan segera terealisasi,” ungkapnya, saat meninjau kelokasi bersama Kepala BWS IV Tuti Sutiarsih, Rabu (10/2/2021).

Ia mengatakan, pembangunan fisik Polder pemuda ini akan dimulai pada Februari 2021 ini oleh BWS IV, dan akan rampung pada Desember 2021 mendatang.

“Anggarannya dari APBN dan APBD untuk pembebasan lahan. Pembebasan lahannya sudah lama dilakukan,” terangnya.

Ia juga mengatakan, Polder pemuda ini bukan hanya untuk mengatasi banjir, bahkan nantinya juga akan bisa dijadikan tempat wahana baru.

“Disitu adat Ruang Terbuka Hijau (RTH), bisa dijadikan wahana baru atau tempat foto-foto atau ada taman yang bisa dikunjungi,” sebutnya.

Sementara itu, Plt Kepala PUPR Kota Tanjungpinang, Zulhidayat mengatakan, bahwa luas genangan Polder ini seluar 1,1 hektare.

“Untuk volume sekitar 26.500 meter kubik. Mudah-mudahan Jalan Pemuda tak banjir lagi dan juga wilayah sekitar,” sebutnya.

Di tempat yang sama, Kepala BWS IV Tuti Sutiarsih mengatakan, pembangunan fisik ini menggunakan anggaran sekitar Rp 16,3 miliar.

“Insya Allah akan dikerjakan sesuai dengan target dan bisa berjalan dengan lancar. Sekarang ini sudah mulai pengerukan dan pengukuran,” tukasnya.(zul)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here