Beranda Headline

Data BPS Kunjungan Wisman ke Kepri Sudah 494 Orang, Rombongan Tamu Negara Ikut Dihitung

0
Ilustrasi : Wisman asal Singapura saat berkunjug ke Lagoi pada Jumat (25/2/2022) kemarin-f/istimewa-diskominfo kepri

TANJUNGPINANG (HAKA) – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepri mencatat, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kepri sepanjang Januari 2022 sebanyak 494 orang.

Menurut data yang dilansir dari Berita Resmi Statistik (BRS) BPS Kepri pada Rabu (2/3/2022), jumlah wisman yang berkunjung ke Provinsi Kepri pada Januari 2022 tersebut didominasi oleh wisman berkebangsaan Singapura dengan jumlah sebanyak 174 orang.

Selanjutnya, disusul oleh wisman asal Malaysia sebanyak 48 orang, India sebanyak 8 orang, Australia 7 orang, Tiongkok 6 orang, Filipina 4 orang, Inggris 3 orang, dan kebangsaan lainnya sebanyak 244 orang.

Jika diperhatikan dengan seksama, data yang ditampilkan oleh BPS Kepri tersebut berbanding terbalik dengan fakta di lapangan. Sebab, sebagaimana diketahui, baru pada Rabu (23/2/2022) Kepri baru menerima kunjungan perdana sebanyak 25 wisman asal Singapura ke Nongsa Sensation, Kota Batam.

Kemudian, dua hari berikutnya pada Jumat (25/2/2022) disusul 35 wisman asal Singapura yang datang ke Lagoi, Bintan. Para wisman yang datang baik ke Lagoi maupun Nongsa Sensation itu, datang ke Kepri dengan menggunakan skema travel bubble yang resmi diberlakukan pada 24 Januari 2022.

Terkait hal itu, Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Kepri, Barudin, ketika dikonfirmasi, mengatakan, bahwasanya data yang ditampilkan oleh pihaknya tersebut sudah sesuai dengan kondisi di lapangan.

“Iya, benar (wisman),” katanya, saat dihubungi, Rabu (2/3/2022) petang.

Ia menjelaskan, wisman yang berkunjung ke Kepri selama Januari 2022 yang didominasi wisman asal Singapura itu adalah rombongan Perdana Menteri (PM) Singapura saat melakukan kunjungan kenegaraan bersama Presiden Joko Widodo di Lagoi, pada 25 Januari 2022 lalu.

“Disamping itu ada juga para manager perusahaan yang ada di Kepri. Mereka juga termasuk dalam kategori wisman,” tuturnya.(kar)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini