Beranda Headline

Dalam Dua Bulan 300 Hektar Lahan Terbakar, Suhajar Instruksikan BPBD Mitigasi Karhutla

0
Pj Gubernur Kepri, Suhajar Diantoro-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pemprov Kepri mulai intensif melakukan pengawasan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), yang belakangan ini kerap terjadi di seluruh wilayah Provinsi Kepri sepanjang Januari-Februari 2021.

Berdasarkan catatan BPBD Provinsi Kepri, total luas lahan yang terbakar di periode Januari-Februari 2021 sebanyak 300 hektar, yang tersebar merata di 7 kabupaten/kota.

Pj Gubernur Kepri, Suhajar Diantoro telah menginstruksikan, BPBD Provinsi Kepri untuk meningkatkan koordinasi dengan seluruh lintas instansi, sebagai upaya mitigasi karhutla.

“Sesuai instruksi Presiden kita sudah minta BPBD Provinsi untuk selalu berkoordinasi dengan BPBD kabupaten/kota untuk meningkatkan pencegahan,” katanya usai mengikuti pengarahan Presiden RI Joko Widodo, tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan, melalui video conference
di Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, Senin (22/2/2021).

Suhajar meminta kepada instansi, terkait untuk semakin rutin melakukan patroli untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan semakin meluas.

“Saya sudah minta pengawasan harus rutin. Laporannya secara berkala,” tegasnya.

Kepala BPBD Provinsi Kepri, Budiharto menambahkan, 300 hektar lahan yang terbakar sepanjang Januari-Februari itu didominasi karena faktor alam dan ketidaksengajaan.

“Rata-rata karena alam dan tidak sengaja. Seperti puntung rokok dan sebagainya. Kalau sengaja karena untuk membuka lahan ada tapi tidak banyak,” jelasnya.(kar)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here