Beranda Headline

Dalam 2 Pekan Covid di Kepri Naik 4 Persen, Satgas Sebut Karena PMI dan Varian Baru

0
Ketua Harian Satgas Covid-19 Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Dalam rentang waktu dua pekan terakhir, kasus aktif Covid-19 di Provinsi Kepri mengalami peningkatan.

Dilansir dari data Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri per 20 Mei 2021 jumlah kasus aktif di Provinsi Kepri berjumlah 1.804 orang atau 12,86 persen.

Kemudian, per 1 Juni 2021 angka itu bertambah sebanyak 937 orang sehingga menjadi 2.741 atau 16,08 persen, naik sebanyak 4 persen dibanding dua pekan lalu.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah menyatakan, kenaikan kasus Covid-19 di Provinsi Kepri belakangan ini dipengaruhi oleh dua faktor.

Yakni adanya virus varian baru serta kepulangan PMI dari Malaysia melalui pelabuhan di wilayah Provinsi Kepri.

“Hampir 30 persen penambahan kasus Covid-19 di Kepri ini karena PMI,” katanya, Rabu (2/6/2021).

Sebagai bentuk antisipasi agar kasus Covid-19 di Provinsi Kepri tidak melonjak tajam, pihaknya kata dia, sejauh ini terus melakukan langkah-langkah antisipasi, yakni dengan mempercepat testing dan tracing.

Untuk mendukung hal itu, Pemprov Kepri sambungnya, telah mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat sebanyak 25 ribu alat antigen beserta obat-obatan untuk melawan virus.

“Tapi yang paling penting sebenarnya masyarakat harus selalu taat protokol kesehatan,” tegasnya.

Selain itu lanjutnya, Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri juga mendorong seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kepri untuk mempercepat vaksinasi bagi seluruh masyarakat.

“Ini tujuannya agar imun warga semakin kuat dan mendorong terciptanya herd immunity di tengah masyarakat,” tuturnya.(kar)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini