Beranda Headline

Covid-19 di Kepri Tembus 3.403 Kasus, Bahtiar Sebut Warga Kepri Kurang Disiplin

0


Aktivitas pengambilan sampel swab oleh tenaga kesehatan RSUP Raja Ahmad Tabib untuk pencegahan virus Covid-19 di Provinsi Kepri beberapa waktu lalu. Hingga saat ini total 3.403 warga Kepri yang positif terinfeksi Covid-19-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Sejak pertama kali terkonfirmasi pada Maret 2020 lalu. Hingga 24 Oktober 2020, total masyarakat yang terkonfirmasi terinfeksi virus Covid-19 di Provinsi Kepri sudah mencapai 3.403 orang.

Dari jumlah itu, sebanyak 757 di antaranya merupakan kasus aktif. Sedangkan, 2.558 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 88 orang dinyatakan meninggal dunia.

Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharudin menyebut, tingginya kasus positif Covid-19 di Provinsi Kepri itu, karena masih rendahnya tingkat kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Masyarakat kita memang masih minim kesadarannya dalam menjalankan protokol kesehatan,” katanya, Minggu (25/10/2020).

Bahtiar menyebut, dari hasil pemantauan selama ini, hampir sebagian besar masyarakat di Kepri utamanya di Kota Batam dan Kota Tanjungpinang, masih terlihat acuh dalam menerapkan protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Sarana dan prasarana protokol kesehatan juga saya lihat masih sangat minim. Masih jarang saya temui di warung-warung kedai kopi yang menyediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan. Hanya sebagian kecil saja,” sebutnya.

Ia mengutarakan, jika kondisi itu tidak segera disadari oleh seluruh masyarakat, dikhawatirkan, akan ada ledakan kasus positif Covid-19 di Provinsi Kepri.

Karena kata dia, sehebat apapun fasilitas kesehatan yang disediakan oleh pemerintah untuk mengatasi Covid-19 di Kepri. Namun, jika tidak dibarengi dengan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal itu tetap tidak akan maksimal.

“Jadi sehebat apapun kita membangun rumah sakit, dan sebesar apapun anggaran yang disediakan tidak akan berguna, kalau tidak ada kesadaran masyarakatnya untuk terhindar dari Covid-19,” paparnya.(kar)

Data Sebaran Kasus Aktif Covid-19 di Provinsi Kepri per 25 Oktober 2020 :

1. Kota Batam : 598 orang
2. Kota Tanjungpinang : 91 orang
3. Kabupaten Bintan : 11 orang
4. Kabupaten Karimun : 51 orang
5. Kabupaten Lingga : 2 orang
6. Kabupaten Natuna : –
7. Kabupaten Kepulauan Anambas : tidak
terdampak

#sumber : Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri

example banner

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here