Beranda Headline

Cegah Sebaran Covid-19, Isdianto Ratas Bersama Jokowi

0
Plt Gubernur Kepri, Isdianto saat ratas melalui video confrence dengan Presiden Jokowi-f/istimewa-humas pemprov

TANJUNGPINANG (HAKA) – Plt Gubernur Kepri Isdianto mengatakan, bahwa arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas (ratas), merupakan pedoman dalam mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak semakin menyebar.

“Semua yang disampaikan Bapak Presiden menjadi pedoman bagi kita di daerah, untuk menjalankan rangkaian pencegahan dan tidak lanjutnya,” kata Isdianto di Rupatama Kanntor Gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Selasa (24/3/2020).

Isdianto mengikuti ratas bersama anggota kabinet dan Gubernur se-Indonesia yang dipimpin langsung Presiden Jokowi. Rapat melalui Video Conference fokus membahas upaya menghadapi Pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Isdianto didampingi Ketua Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Kepro Arif Fadillah, Kadis Kesehatan Tjetjep Yudiana dan Asisten Pemerintahan Raja Ariza.

Dalam rapat terbatas itu, kata Isdianto, banyak hal yang ingin Isdianto sampaikan, namun karena waktu yang terbatas sehingga datanya hanya dikirimkan ke pemerintah pusat untuk ditindaklanjuti segera.

Salah satunya tentang persoalan kedatangan WNI dari Malaysia, yang sebagian besar melewati kabupaten Karimun dan Batam.

Bukan hanya masyarakat Kepri di dalamnya namun juga dari daerah lainnya sehingga terjadi penumpukan.

“Kita akan sampaikan permasalahan ini secepatnya, minta rekomendasi dan langkah apa saja yang diberikan Pemerintah Pusat, karna jika tidak ada jalan keluar akan semakin menumpuk di Kepri,” kata Isdianto.

Selain itu, untuk Kepri sendiri kebutuhan akan Alat Pelindung Diri (APD) diperkirakan sebanyak 5.000 unit serta kebutuhan akan masker sebanyak 200 ribu. Keduanya akan segera disampaikan kepada Pemerintah Pusat.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi menginstruksikan kepada seluruh Kementerian dan Lembaga beserta Para Gubernur se Indonesia, agar terus menyerukan kedisiplinan kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga jarak aman.

Kepala Daerah diminta untuk monitoring secara ketat, segera buat peta penyebaran virus, prioritaskan mencegah agar tidak semakin meluas termasuk mengurangi mobilitas orang.

“Untuk Indonesia yang paling aman adalah menjaga jarak aman. Kalau benar-benar dilakukan hal ini dapat mencegah Covid-19, namun butuh kedisiplinan dan ketegasan kuat,” kata Jokowi. (kar/humas pemprov)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here