Beranda Headline

Cegah Penyebaran Polio, Dinkes akan Vaksin 25 Ribu Anak Tanjungpinang

0
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Kesehatan, akan melaksanakan vaksinasi massal polio terhadap anak-anak yang ada di Tanjungpinang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam menyampaikan, vaksinasi massal polio itu akan dilakukan pada 23 Juli 2024 mendatang.

“Jadwal tersebut sesuai arahan pemerintah pusat,” kata Rustam kepada hariankepri.com, Rabu (26/6/2024).

Menurutnya, program itu dilakukan sebagai bentuk pencegahan. Karena ada beberapa provinsi yang mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus polio. Seperti Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur serta Papua.

Ia menambahkan, sedikitnya ada sekitar 25 ribu anak-anak yang ada di Tanjungpinang menjadi sasaran untuk dilakukan vaksinasi polio. Yang menjadi sasaran adalah anak usia 0 sampai 7 tahun.

“Pelaksanaan vaksinasi nanti tanpa memandang status imunisasinya dengan 2 dosis vaksin, dengan interval waktu 2 sampai 4 pekan,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, vaksinasi massal polio ini sifatnya tambahan untuk lebih meningkatkan kekebalan tubuh, karena sebenarnya vaksin polio telah diberikan pada vaksinasi rutin yang diterima anak sesuai umurnya.

Meski demikian Rustam mengaku, beberapa tahun terakhir ini, Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang belum pernah menemukan kasus polio.(zul)

Baca juga:  Lamidi Ingatkan Semua Rumah Sakit di Kepri Tak Boleh Tolak Pasien Covid
example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini