Beranda Headline

BMKG Prediksi Tanjungpinang Bakal Diguyur Hujan Hingga Lebaran Idul Fitri

0
Kantor BMKG Tanjungpinang-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tanjungpinang memperkirakan, hingga lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah mendatang, Kota Tanjungpinang masih diguyur hujan.

Kepala BMKG Tanjungpinang, Yohanes Drajad Bintoro mengatakan, hal itu terjadi karena pada saat ini, sudah musim atau puncak hujan yang signifikan.

“Secara umum dalam setahun ada 2 kali terjadi musim atau puncak curah hujan yang tinggi. Yaitu pada Mei dan November,” imbuhnya.

Ia mengatakan, musim hujan yang terjadi sekarang ini akan berlangsung hingga awal Juni 2020 mendatang. Musim hujan terjadi secara merata, baik di Kota Tanjungpinang maupun Kabupaten Bintan.

Sedangkan masa transisi atau peralihan puncak hujan ke kemarau itu, kata Yohanes, akan terjadi pada Juni 2020.

“Jadi lebaran Idul Fitri masih termasuk musim hujan, dan kemungkinan besar akan terjadinya hujan, tapi tingkat curah hujannya sudah mulai menurun. Karena sudah masuk masa transisi puncak hujan ke kemarau,” tuturnya.

Lebih lanjut, Yohanes mengimbau kepada seluruh masyarakat Tanjungpinang dan Bintan, agar bisa berhati-hati saat berkendara, dan menjauhi ranting-ranting atau pohon-pohon yang besar.

“Karena, pada musim hujan sekarang ini juga disertai angin kencang yang selalu datang dengan tiba-tiba,” pungkasnya.(zul)



example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here