Beranda Headline

Bisa Ditanam dengan Mudah di Kepri, Raja Ariza Panen Perdana Padi Jenis Baru

0
Raja Ariza saat memanen padi jenis baru yang ukuran tingginya lebih dari 1 meter-f/istimewa

TANJUNGPINANG (HAKA) – Mantan Pj Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza, memanen perdana, padi jenis baru yang sempat ditanam bersama timnya beberapa waktu lalu.

Bukan hanya memanen, Raja Ariza juga melakukan pengolahan beras jenis baru tersebut. Apalagi, padi ini dapat ditanam di wilayah Kepri dengan mudah.

“Kita telah memanen padi jenis baru itu, hingga ke pengolahan beras,” sebutnya.

Menurut Raja Ariza, hal ini dilakukan untuk mendapatkan pengalaman langsung di lapangan, serta memberikan contoh di lingkungan dan masyarakat.

“Bahwa sebenarnya kita bisa menanam sendiri padi, untuk memenuhi konsumsi makanan pokok keluarga,” tuturnya.

Ia juga menceritakan, bahwa hal ini ia lakukan, karena pengalamannya yang pernah sulit mendapatkan beras, di sekitar tahun 1956.

“Bahkan sampai antre dan dibatasi pembeliannya kala itu,” ungkapnya.

Oleh karenanya, ia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama melakukan penanaman beras jenis baru ini, yang begitu mudahnya untuk ditanam.

“Pada intinya saya hanya ingin berbuat kebaikan untuk masyarakat ekonomi kecil, serta dengan berbagi bibit gratis agar masyarakat bisa menanam,” tambahnya.

Raja Ariza mengatakan, panen perdana padi jenis baru itu diperkirakan sekitar 8 ton. Ini akan menjadi stok menghadapi pandemi covid.

Ia berharap dengan upaya seperti ini, dapat membantu masyarakat setempat menghadapi gejolak naik turunnya pasar pangan akibat pandemi covid.

“Bergerak, bertindak dan berbuat,” pungkasnya.(zul/arp)



example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini