Harian Kepri

Bintan Sukses Gelar MTQ ke VIII Tahun 2018

Deby Apri Sosialisasikan MTQ

Bupati Bintan Apri Sujadi memakai topeng (warna putih) ikut menari di jalan saat pawai taaruf MTQ tingkat Provinsi Kepri di Lingga, Selasa (8/5/2018)

BINTAN (HAKA) – Perhelatan Musabawah Tilawatil Quran (MTQ) ke VIII tingkat Kabupaten Bintan, resmi dimulai dengan rangkain Pawai Taruf Kafilah dari seluruh kecamatan.

Beragam tampilan kreasi rombongan Kafilah mengitari jantung Kota Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Sabtu (14/4/2018) yang disaksikan oleh Bupati Bintan Apri Sujadi, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, dan didampingi Sekda Bintan serta jajaran FKPD Bintan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pawai Taruf diikuti oleh sepuluh kecamatan yang ada di Kabupaten Bintan. Barisan drumband, peserta, majelis taklim, tokoh masyarakat dan seluruh rombongan menjadi perwakilan kafilah tiap Kecamatan.

Ada kafilah yang menampilkan atraksi pencak silat Hulubalang Kerajaan yang merupakan tradisi leluhur Melayu dan telah diwarisi secara turun temurun. Beberapa pemuda terlihat memainkan Gasing Tempayan dan Gasing Botol sebagai salah satu permainan tradisional masyarakat Melayu.

Apri Sujadi mengungkapkan rasa bangganya melihat gelaran Pawai Taaruf. Menurutnya, kegiatan ini memang dilaksanakan setiap tahun. Akan tetapi ada hal-hal menarik yang menambah meriah rangkain pawai.

“Pencak silat dan permainan gasing itu identitas kita sebagai masyarakat Melayu,” ujarnya.

Bupati Bintan Apri Sujadi usai meninjau persiapan MTQ

Pembukaan MTQ sendiri akan dilaksanakan di astaka utama yang disejalankan dengan peringatan Isra Miraj 1439 Hijriah. Penyelenggaraan Musabbaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke VIII Tingkat Kabupaten Bintan, yang berlangsung di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara ini juga dimeriahkan dengan parade karnaval mobil hias, yang dikemas dalam Pawai Taaruf. Pawai taaruf juga diikuti ribuan peserta dari seluruh Kecamatan se Kabupaten Bintan.

Beberapa hari sebelum pembukaan, Bupati Bintan Apri Sujadi, pada Rabu (11/4/2018) sempat meninjau persiapan MTQ, di Masjid Besar Baitul Makmur, Tanjunguban.

Dalam kesempatan ini Apri berharap agar pelaksanaan MTQ Bintan dapat berlangsung meriah dan mampu menghasilkan qari dan qariah yang andal guna mewakili Kabupaten Bintan ke tingkat Provinsi Kepri.

“Kita harap pelaksanaan MTQ bisa berjalan lancar,” ucapnya.

Bupati Apri dan Wakilnya Dalmasri Syam saat meninjau persiapan MTQ

Pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Bintan dilaksanakan mulai dari tanggal 14 sampai 18 April 2018 di Tanjunguban.

Dalam jadwal, pagi harinya akan dilaksanakan pawai taaruf oleh para kafilah. Titik start pawai akan dimulai dari Jalan Permaisuri (atau tepatnya didepan Bank Mandiri) lalu mengarah ke Jalan Yos Sudarso, terus ke arah Jalan RE Martadinata, Jalan Merdeka, Jalan Jendral Sudirman dan berakhir di panggung utama di Gedung Nasional Tanjung Uban.

“Demi kelancaran arus lalu lintas selama pelaksanaan pawai, kita sudah minta Dinas Perhubungan Bintan untuk segera berkoordinasi ke pihak-pihak terkait , termasuk arus transportasi ASDP/Roro dari Batam atau sebaliknya,” tegasnya.

Secara khusus Apri meminta agar seluruh panitia saling bersinergi dan fokus pada persiapan, agar pada waktu pelaksanaan semua kegiatan dapat dilaksanakan secara baik.

“Persiapan terus dilaksanakan, beberapa lokasi juga sudah kita tinjau kemarin, persiapan sudah sekitar 90 persen. Kita juga meminta agar para utusan kafilah dapat menjaga stamina dan kesehatan baik sebelum maupun saat pelaksanaan MTQ nantinya,” terang Apri. (adv/red)

Exit mobile version