Harian Kepri

Bawa Bantuan Hingga Larut Malam, Rahma Cek Warga Terkena Banjir Rob

Wako Rahma saat meninjau warga yang terkena dampak banjir rob-f/istimewa-prokompim

TANJUNGPINANG (HAKA) – Wali Kota Tanjungpinang, Rahma meninjau kondisi rumah warga yang terkena banjir rob, Rabu (25/1/2023) malam sekitar pukul 22:00 WIB.

Meski hujan deras di malam hari, tidak menyurutkan langkah orang nomor satu di Pemko Tanjungpinang itu, untuk meninjau langsung kondisi warga yang terkena banjir di wilayah Sei Jang dan Kelurahan Tanjung Ayun Sakti.

Menurut Rahma, banjir rob yang menggenangi beberapa wilayah pesisir di Kota Tanjungpinang, disebabkan oleh naiknya permukaan air laut, ditambah curah hujan yang tinggi.

“Kondisi ini dapat menjadi lebih parah jika pada saat bersamaan terjadi hujan deras seperti yang terjadi di Kota Tanjungpinang saat ini,” ungkapnya.

Ia pun berpesan kepada warga yang terdampak banjir rob agar tetap siaga. “Tetap siaga. Selamatkan barang dan surat berharga ke tempat yang aman,” imbaunya.

Rahma juga menyarankan kepada warga, untuk keselamatan, sebaiknya mengungsi dulu untuk sementara waktu.

“Orang tua dan anak-anak, sebaiknya diungsikan ke rumah saudara di wilayah yang tidak terdampak banjir,” imbaunya.

Wali Kota Rahma saat membagi-bagikan bantuan ke korban banjir

Pada peninjauan itu, Rahma juga menyampaikan, bahwa upaya tanggap penanganan banjir, Pemko Tanjungpinang melalui dinas sosial telah mendirikan dapur umum, untuk membantu kebutuhan makanan warga yang terdampak banjir.

Pembuatan dapur umum ini untuk membantu pemenuhan kebutuhan makanan masyarakat yang terdampak banjir.

“Ada sekitar 1.300 bungkus nasi telah didistribusikan untuk 12 kelurahan,” ujarnya.

Ketika mengunjungi rumah-rumah warga yang terdampak, Rahma juga memberikan sedikit bantuan uang dan nasi bungkus, serta sejumlah makanan ringan lainnya.

“Ibu Wali Kota memang telah memerintahkan Dinas Sosial dan BPBD, untuk mendirikan dapur umum,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Tanjungpinang, Teguh Susanto, kepada wartawan.

Ia menyampaikan, selain Dinsos dan BPBD, Dinas Kesehatan Tanjungpinang juga diminta untuk mempersiapkan dukungan medis kepada keluarga terdampak banjir rob.

“Ibu wali bereaksi sangat cepat dalam menyikapi banjir rob ini. Instruksinya, kita diminta mendirikan dapur umum, dan mempersiapkan dukungan medis,” ujarnya.

Sementara itu, untuk membantu korban banjir, Perusahaan BMC Group yang bergerak di bidang pertambangan di Kalimantan Barat, ikut menyalurkan bantuan bahan pangan, kepada warga Tanjungpinang, yang terdampak banjir rob.

Wali Kota Rahma menerima secara simbolis bantuan dari pihak swasta untuk korban banjir rob di Tanjungpinang

Ratusan bahan pangan tersebut, diserahkan oleh Perwakilan Manajemen BMC Group, Agung Wira Dharma, dan diterima secara simbolis oleh Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, Kamis (26/1/2023), di Kantor Dinsos Tanjungpinang.

Diwawancarai usai menyerahkan bantuan, Agung menyampaikan, bantuan yang diberikan ini, semata-mata untuk meringankan beban warga Tanjungpinang, yang terdampak banjir rob pada Rabu (25/1/2023) kemarin.

“Kami BMC Group ini merupakan putra Tanjungpinang yang membuka bisnis di Kalimantan Barat. Kami sangat tergerak untuk membantu warga yang terdampak banjir,” katanya.

Agung yang juga menjabat sebagai Ketua Peradi Kota Tanjungpinang ini pun berharap, dengan adanya bantuan bahan pangan ini, dapat meringankan beban warga yang tak mampu.

Adapun bantuan yang diserahkan berupa, telur 35 papan, 10 kilogram minyak makan, 200 kotak susu formula, 40 dus mi instan, 25 dus air mineral, 250 kilogram beras, serta uang tunai Rp 10 juta.

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengucapkan terima kasih kepada para donatur, yang ikut perhatian dengan warga Tanjungpinang yang terdampak banjir.

Ia menyampaikan, dari 18 kelurahan yang ada di Tanjungpinang, 14 kelurahan di antaranya terdampak banjir rob. Bantuan ini nanti akan langsung didistribusikan.(adv)

Exit mobile version